Apa Itu Email Marketing

Apakah kamu tau cara digital marketing yang efektif namun dapat dijalankan dengan anggaran yang minimalis? Ya, email marketing merupakan jawabannya.

Email marketing adalah cara pemasaran dengan menggunakan media email (surat elektronik) sebagai alat untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan dan pada akhirnya mampu membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang meremehkan dan menyebut bahwa email merupakan media yang ketinggalan zaman.

Akan tetapi kenyataannya, kesuksesan pemasaran dengan menggunakan email ini 40% lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial.

Salah satu yang menyebabkan hal tersebut adalah email marketing lebih bersifat personal untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan kamu.

Perlu diketahui bahwa tidak sembarang orang atau perusahaan yang bisa memperoleh alamat suatu email.

Apabila mampu memperoleh alamat email sekalipun, itu karena pengguna email memberikan izin.

Hal tersebutlah yang membuat email marketing bekerja dengan efektif jika dipersonalisasikan dengan lebih maksimal.

Manfaat Email Marketing

Manfaat Internet Marketing

Apabila kamu melakukan pemasaran dengan menggunakan media email, kamu akan merasakan beberapa manfaatnya.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat email marketing yang dapat kamu rasakan:

1. Lebih Personal

Seperti yang sudah sempat di bahas sebelumnya bahwa pemasaran dengan menggunakan email ini mempunyai sifat yang lebih pribadi atau perosnal.

Tentu saja sifat yang lebih personal ini akan mampu memberikan perhatian yang lebih besar dari calon pelanggan maupun konsumen yang ada.

Ketika konsumen atau calon pelanggan sudah merasa nyaman dalam menerima email dari kamu, maka kamu akan lebih mudah dalam menawarkan produk atau layanan apapun kepada mereka melalui email.

2. Cepat dan Praktis

Apabila kamu melakukan pemasaran melalui media surat kabar tentunya kamu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan email.

Adanya pemasaran melalui email ini tentu saja akan mempermudah kamu dalam berbagai hal termasuk mampu menjangkau pelanggan dengan mudah dan cepat.

Hal tersebut dikarenakan para pelanggan akan langsung bisa menerima email yang kamu kirim dimanapun dan kapanpun selama terdapat jaringan internet.

3. Murah

Pemasaran dengan menggunakan email ini lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media konvensional (televisi, radio, koran, dan lainnya).

Di samping itu, tingkat respon dari para pelanggan yang mendapatkan email jauh lebih tinggi.

Hal tersebut merupakan alasan yang membuat pemasaran dengan menggunakan email menjadi salah satu metode pemasaran yang banyak digunakan oleh para pebisnis.

4. Dapat Diukur

Kampanye yang kamu lakukan melalui email tentu saja dapat diukur dengan mudah dan bisa dilakukan setiap waktu.

Caranya adalah dengan melihat berapa jumlah email keluar atau yang terkirim kepada para pelanggan dan berapa respon yang diperoleh dari pelanggan tersebut.

Kemudian, kamu dapat melakukan analisa untuk mengetahui setiap kekurangan yang ada dan bisa segera melakukan perbaikan.

5. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Adanya pemasaran melalui email ini, memungkinkan adanya interaksi lebih dalam dengan para pelanggan.

Email yang kamu kirimkan tidak selalu tentang penawaran dan promosi saja, namun bisa juga tentang tips dan informasi penting lainnya.

6. Respon Otomatis

Pemasaran dengan menggunakan email ini pada dasarnya dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan bantuan tools.

Apabila kamu menggunakan bantuan tools, kamu akan bisa melakukan respon secara otomatis.

Seberapa banyak jumlah pelanggan yang mengirim email, tentunya akan langsung bisa dibalas secara otomatis.

Dengan demikian, kamu hanya perlu melakukan monitoring saja. Tentu saja hal tersebut akan membuat kamu lebih santai dalam mempromosikan produk atau layanan.

7. Lebih Tertarget

Pada saat akan melakukan pemasaran dengan menggunakan email, kamu perlu membangun list alamat email yang sesuai dengan bisnis kamu.

Dalam hal ini, kamu bisa memberikan form untuk mengisi alamat email di website perusahaan agar pelanggan bisa berlangganan.

Ketika pelanggan sudah mengisi form tersebut, berarti pelanggan sudah bersedia untuk menerima berbagai penawaran, promosi, maupun informasi lainnya dari kamu.

Dengan demikian, pemasaran yang kamu lakukan sudah sesuai dengan segmen atau target pasar bisnis kamu.

8. Konversi Lebih Tinggi

Apakah kamu tau bahwa pemasaran dengan menggunakan email merupakan satu – satunya cara yang diminta atau diinginkan oleh pelanggan?

Seperti yang sudah dibahas pada poin 7, bahwa pelanggan secara sukarela memberikan alamat email mereka.

Tentu saja, kamu hanya mengirim email kepada mereka yang sudah memberikan alamat emailnya.

Hal tersebut, memungkinkan tingkat konversi yang lebih tinggi karena kamu mentargetkan mereka yang sudah mempunyai minat terhadap bisnis kamu.

9. Mudah Dibagikan

Pelanggan dapat membagikan semua informasi dan penawaran produk atau layanan kepada teman – temannya hanya dengan mengklik saja.

Pelanggan yang membagikan informasi tersebut, bertindak sebagai orang yang mendukng bisnis kamu.

Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah keuntungan yang akan membuat pelanggan kamu terus bertambah.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang apa itu email marketing dan manfaatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar