Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan

Kamu ingin mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus ngantri? Sekarang ada loh antrean online BPJS Ketenagakerjaan. Belum tau cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan?

Perlu kamu ketahui sejak bulan Juli tahun 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sudah mulai mengaktifkan sistem nomor antrean online.

Sistem tersebut tentu saja dibuat dengan tujuan untuk mempermudah sistem antrean langsung yang sudah ada sebelumnya.

Dengan adanya sistem antrean online BPJS Ketenagakerjaan ini, maka sistem antrean tentu saja akan menjadi lebih pasti dan juga akan meminimalkan antrean yang berlebihan serta habisnya kuota pelayanan.

Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar antrean Online BPJS Ketenagakerjaan

Berikut ini merupakan cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut.

1. Akses Website

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengakses website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu https://antrean.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Selain itu juga bisa dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU yang kamu miliki, selanjutnya pilih menu antrean online.

2. Isi NIK

Setelah formulir untuk melakukan pengisian data sudah terbuka, silahkan terlebih dahulu kamu mengisi NIK (nomor induk kependudukan).

NIK ini dapat kamu lihat di E-KTP (kartu tanda penduduk elektronik) maupun di KK (kartu keluarga).

Selain itu kamu juga bisa melihat di kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terletak di bagian bawah nomor KPJ.

3. Isi KPJ

Pada kolom isi an data selanjutnya adalah mengisi nomor kartu peserta Jamsostek (KPJ) atau nomor referensi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki.

Nomor kartu peserta jamsostek (KPJ) ini berjumlah 11 digit, dan tidak selalu berupa angka semua.

Terutama untuk kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang lama, terkadang diantara 11 digit nomor tersebut terdapat satu huruf atau aksara di dalamnya.

4. Isi Nama Lengkap

Selanjutnya setelah kamu sudah selesai mengisi nomor kartu peserta jamsostek (KPJ), silahkan isi nama lengkap kamu.

Nama yang kamu masukkan kedalam kolom isi an tersebut harus sama atau sesuai dengan nama yang terdapat di dalam kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), kartu keluarga (KK), dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Apabila terdapat berbedaan nama diantara beberapa dokumen tersebut, maka pengajuan klaim yang kamu lakukan tidak akan disetujui oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

5. Isi Nomor Telpon

Cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerja yang selanjutnya adalah dengan mengisi nomor telpon.

Nomor telpon atau handphone yang kamu daftarkan tersebut harus sudah terdaftar di WhatsApp dan masih aktif.

Hal tersebut dikarenakan dengan melalui nomor WhatsApp tersebutlah, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menghubungi kamu dengan melalui video call.

Dilakukannya video call tersebut adalah untuk melakukan sedikit wawancara kepada kamu dan melakukan verifikasi berkas persyaratan klaim saldo JHT.

6. Pilih Wilayah Pelayanan

Langkah berikutnya dalam cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengisi atau memilih wilayah pelayanan yang kamu inginkan.

Prosedur yang ada dalam klaim saldo JHT di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan pada saat sekarang ini sudah menggunakan sistem atau mekanisme Layanan Tanpa Kontak Fisik atau yang biasa disebut dengan (Lapak Asik).

Dengan demikian dapat memungkinkan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat memilih wilayah pelayanan yang berada di luar daerah provinsi tempat tinggalnya.

Misalnya apabila kamu tinggal di provinsi Jawa Tengah, kamu dapat memilih wilayah pelayanan yang ada di Aceh, Jawa Barat, Papua, Bali, dan lain sebagainya.

7. Pilih Kantor Cabang

Setelah kamu melakukan pemilihan wilayah pelayanan, silahkan kamu pilih kantor cabang pelayanan yang berada di wilayah pelayanan yang sudah kamu pilih tadi.

Tentunya dalam satu wilayah pelayanan tersebut akan ada banyak kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Yang perlu kamu lakukan adalah hanya memilih salah satu saja yang terdekat dengan tempat tinggal kamu.

8. Tentukan Tanggal dan Jam

Setelah kamu melakukan pemilihan kantor cabang pelayanan, kemudian tentukan tanggal dan jam pengajuan klaim.

Kamu harus tahu bahwa maksimal pemilihan tanggal pengajuan klaim adalah 7 hari dari hari kamu melakukan pendaftaran.

Tentu saja hal tersebut di luar hari sabtu, minggu, dan juga hari – hari libur nasional yang terdapat dalam rentang atau jangka waktu 7 hari tersebut.

Hal tersebut dikarenakan pada hari – hari tersebut kantor BPJS Ketenagakerjaan tidak membuka pelayanan.

9. Centang Recaptha dan Simpan

Cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah kamu tinggal melakukan centang pada kotak recaptha.

Hal tersebut dilakukan untuk melakukan konfirmasi bahwa kamu bukan robot. Setelah kamu klik centang pada kotak recaptha, kemudian klik simpan.

10. Selesai

Jika kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran antrean online BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan beberapa langkah di atas, maka kemudian kamu akan memperoleh email konfirmasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.

Email tersebut berisi tentang data diri kamu, alamat email kantor cabang pelayanan, informasi dokumen persyaratan klaim JHT yang harus kamu lengkapi dan juga barcode.

 

Tips Mendaftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan

Tips Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Perlu kamu ingat bahwa, kamu akan bisa memperoleh nomor antrean online BPJS Ketenagakerjaan apabila kuota masih tersedia.

Apabila kuota pada hari dan juga jam yang kamu pilih sudah penuh, maka tentunya kamu tidak akan bisa mendapatkan nomor antrean online BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi biasanya akan ada informasi bahwa kantor cabang dan jadwal yang kamu pilih sudah penuh atau tidak ada lagi kuota.

Apabila kamu mengalami keadaan tersebut, maka kamu akan memperoleh pemberitahuan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan dan kamu akan diminta untuk melakukan pemilihan atau mengganti kantor cabang.

Apabila kamu sudah melakukan beberapa pergantian jadwal, namun tetap saja tidak ada kuota, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan pendaftaran di hari kerja Senin – Jumat sebelum jam 6 pagi.

Hal tersebut dengan tujuan untuk melakukan antisipasi banyaknya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah melakukan pendaftaran.

Setelah pengajuan antrean kamu berhasil diterima dan kamu juga sudah mendapatkan kode booking, maka kamu akan dipersilahkan untuk datang ke kantor cabang yang kamu pilih dalam rentang waktu 7 hari setelah mendapat nomor antrean.

Dengan adanya antrean online BPJS Ketenagakerjaan ini, tentu saja akan mempermudah kamu dan kamu tidak perlu lagi berlama – lama mengantri.

Terlebih lagi kamu berusaha datang pagi – pagi sekali tetapi kamu tidak mendapatkan kuota.

Hal yang Harus Diperhatikan

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu mengikuti antrean online BPJS Ketenagakerjaan, yaitu sebagai berikut.

1Antrean online BPJS Ketenagakerjaan dapat kamu akses minimal sehari sebelum tanggal yang kamu pilih.
2Peserta yang sudah melakukan pemilihan tanggal dan juga jam pada sistem antrean BPJS Ketenagakerjaan harus datang tepat waktu atau disarankan datang 30 menit lebih awal sebelum jam yang dipilih. Apabila kamu terlambat, maka nomor antrean yang kamu miliki tidak akan berlaku dan harus mengulang dari awal untuk memperoleh nomor antrean baru di kesempatan selanjutnya.
3Dalam hal ini kamu harus memastikan bahwa tidak ada perbedaan data pada KK (kartu keluarga), KTP (kartu tanda penduduk, dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
4Pada saat kamu sampai di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah kamu pilih, jangan lupa untuk menunjukkan bukti pengajuan antrean online ke petugas.

 

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Pada saat sekarang ini sistem BPJS Ketenagakerjaan yang dibuat secara online memang sengaja dibuat secara terintegrasi, mulai dari cara daftar sampai dengan cara klaim atau mencairkannya.

Pada saat sekarang ini kamu dapat melakukan pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online maupun offline.

Kamu dapat menggunakan aplikasi BPJSTKU atau website resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan klaim secara online.

Sedangkan untuk klaim secara offline kamu dapat mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan yang ada di daerah kamu.

Tentu saja dalam melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu haru memenuhi beberapa syarat dan juga ketentuan yang ada.

Bagaimana cara klaim BPJS secara online dan apa saja syaratnya? Klik dibawah ini untuk mengetahuinya.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara daftar antrean online BPJS Ketenagakerjaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan saja di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar