Cara Investasi Emas

Investasi merupakan hal yang sangat penting apabila kamu ingin mempunyai kemampuan keuangan. Salah satu investasi yang paling banyak diminati, mudah, dan tertua adalah emas. Bagaimana cara investasi emas?

Oke sebelum kamu mulai melakukan investasi emas alangkah baiknya kamu memahami seluk beluk tentang investasi emas terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan supaya kamu tidak rugi dalam melakukan investasi emas. Yuk langsung saja simak pembahasannya dalam artikel ini, termasuk membahas tentang cara investasi emas.

Daftar Isi Tutup

Mengapa Investasi Emas?

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi banyak orang untuk melakukan investasi emas, yaitu sebagai berikut.

1. Nilai Emas Tidak Banyak Terpengaruh Inflasi

Harga emas yang relatif stabil dan kebal terhadap laju inflasi menjadi kelebihan dalam investasi emas yang sangat menonjol.

Sifat emas sebagai suatu komoditas dan asset moneter menyebabkan emas bisa bergerak secara independen tanpa harus mengikuti pergerakan asset lain.

Apabila dibandingkan dengan saham, tentu saja emas memberikan penawaran keuntungan yang lebih besar.

Bayangkan saja, nilai saham bisa turun sampai dengan 50% bahkan lebih seperti yang terjadi pada tahun 1998 dan 2008 serta pada musibah wabah Covid – 19 di tahun 2020.

Penurunan yang signifikan tersebut sangat jarang dialami oleh emas. Sebaliknya, emas justru memberikan penawaran return yang cenderung stabil setiap tahunnya.

Hal tersebut saya buktikan dengan grafik harga emas dan indeks harga saham gabungan beberapa tahun terakhir sebelum terjadi Covid – 19 dan saat terjadi Covid – 19.

Cara investasi emas

Cara Investasi Emas

Bisa dibandingkan harga saham yang dapat turun secara signifikan, dan harga emas yang cenderung stabil.

“Emas memang tidak dapat membuat kamu menjadi kaya, namun emas bisa membantu kamu supaya tetap kaya. Jangan lupa juga untuk tetap bersyukur”.

Nilai emas juga cenderung stabil selama berabad – abad.

Dalam sebuah riwayat menjelaskan bahwa, Rasulullah SAW memerintahkan sahabatnya untuk membeli seekor kambing dengan harga 1 dinar.

Nah, hebatnya harga satu ekor kambing pada saat ini juga masih sama, yaitu seharga 1 dinar.

Berikut ini riwayatnya.

”Ali bin Abdullah menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Syahib bin Gharqadah menceritakan kepada kami, ia berkata:

saya mendengar penduduk bercerita tentang  ’Urwah, bahwa Nabi S.A.W memberikan uang satu Dinar kepadanya agar dibelikan seekor kambing untuk beliau lalu dengan uang tersebut ia membeli dua ekor kambing, kemudian ia jual satu ekor dengan harga satu Dinar.

Ia pulang membawa satu Dinar dan satu ekor kambing. Nabi S.A.W. mendoakannya dengan keberkatan dalam jual belinya. Seandainya ‘Urwah membeli debu pun, ia pasti beruntung” (H.R.Bukhari).

2. Lebih Mudah Diuangkan

Mempunyai tabungan dalam bentuk emas sama saja seperti menyimpan dana ekstra untuk masa depan.

Pada saat ada kebutuhan mendesak, kamu dapat langsung mencairkannya menjadi uang tunai.

hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih berinvestasi emas, dibandingkan dengan properti atau obligasi.

Apabila kamu berinvestasi dalam bentuk properti atau obligasi, kamu akan membutuhkan pihak kedua untuk membeli produk investasi yang akan kamu jual.

Namun berbeda dengan emas, kamu bisa menjualnya di pusat jual beli emas atau toko perhiasan, terlebih lagi sekarang ini bisa menjual emas melalui marketplace.

Dengan demikian kamu tidak akan kerepotan jika terjadi kesulitan keuangan.

3. Dana Investasi Emas Bisa Disesuaikan dengan Kemampuan Keuangan

Untuk bisa melakukan investasi emas, kamu tidak perlu harus mengeluarkan dana yang besar seperti properti yang membutuhkan dana sampai ratusan juta.

Kamu bisa menyesuaikan dana investasi emas dengan kemampuan keuangan kamu.

Dengan demikian dana pribadi kamu tidak akan banyak terpengaruh. Dengan dana kurang dari Rp 1 juta kamu bisa melakukan investasi emas.

Bahkan kamu bisa membeli emas dengan cara menabung atau mencicil di lembaga keuangan, misalnya seperti Pegadaian.

4. Pelindung Nilai Kekayaan

Nilai emas secara keseluruhan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Kebanyakan permintaan emas oleh masyarakat dipakai sebagai instrumen investasi.

Nilai emas yang cenderung stabil membuatnya banyak digunakan sebagai alat hedging atau pelindung nilai kekayaan.

World Gold Council (WGC) memberikan pernyataan bahwa emas lebih baik dalam mempertahankan nilainya dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan dengan komoditas lainnya.

Selain itu, yang lebih hebatnya lagi harga emas pun cenderung stabil pada tingkat harga yang lebih tinggi dalam jangka waktu 20 tahun terakhir.

Saya bisa membuktikannya dengan grafik harga emas 26 tahun berikut ini.

Cara Investasi Emas

Pada saat terjadi inflasi atau suku bunga bank yang rendah, harga emas bahkan bisa tetap naik secara signifikan.

Hal tersebut dikarenakan pada saat tersebut, instrumen investasi deposito dan tabungan menjadi kurang menguntungkan.

Dengan demikian masyarakat akan lebih memilih instrumen yang mempunyai return yang lebih baik seperti emas.

Sehingga, emas dapat dikatakan sebagai instrumen yang mampu melindungi nilai kekayaan kamu dalam jangka waktu panjang, terutama ketika keadaan ekonomi sedang tidak stabil.

5. Risiko Rendah (Low Risk)

Para investor memberikan julukan safe haven (pegangan yang aman) kepada emas, terlebih lagi jika mata uang sedang naik turun atau berfluktuasi.

Investasi dalam bentuk emas ini mampu menahan kenaikan harga atau inflasi yang terjadi.

 

Hukum Jual Beli Emas

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara investasi emas, saya ingin membahas terlebih dahulu tentang hukum jual beli emas.

Pada era modern seperti sekarang ini banyak inovasi baru bermunculan. Terkadang pada saat membeli emas seseorang ada rasa khawatir apabila terjadi perampokan di jalan.

Oleh karena itu muncul lah inovasi yang dimana kamu dapat membeli emas namun emas tersebut tidak perlu dikirimkan kepada kamu.

Misalnya kamu membeli emas di toko X namun emas yang kamu beli dititipkan di brankas milik toko X.

Hal tersebut dikarenakan kamu tidak memiliki niatan untuk menggunakan emas tersebut.

Nah, berbagai inovasi tersebutlah yang selanjutnya menjadi pembahasan yang rumit di kalangan ulama.

Yang menjadi penyebabnya yaitu hadist Nabi yang memerintahkan jual beli emas, perak, dan alat tukar lain harus lah dilakukan secara tunai tangan ke tangan.

Berikut ini merupakan bunyi hadist nya.

“Emas dengan emas, perak dengan perak, burr dengan burr, sya’ir dengan sya’ir, tamr dengan tamr, garam dengan garam, kadarnya harus semisal dan sama, harus dari tangan ke tangan (kontan).

Jika jenisnya berbeda, maka juallah sesuka kalian, selama dilakukan dari tangan ke tangan (kontan).” (HR. Al Bukhari, Muslim no. 1587, dan ini adalah lafadz Muslim).

Di zaman Rasulullah, alat tukar yang digunakan adalah emas, perak, burr, sya’ir, tamr, dan garam.

Sehingga, apabila kamu membeli perhiasan emas dengan memakai alat tukar emas, maka harus dilakukan secara langsung tangan ke tangan.

Tidak diperbolehkan membayar terlebih dahulu, kemudian barangnya diambil kemudian hari.

Di zaman sekarang ini emas, perak, burr, sya’ir, tamr, dan garam sudah bukan menjadi alat tukar lagi.

Karena pada zaman sekarang semua orang sudah sepakat memakai uang sebagai alat tukar.

Dengan demikian secara otomatis emas, perak, burr, sya’ir, tamr, dan garam, hanya sebagai barang saja bukan sebagai alat tukar lagi.

Fatwa MUI

Maka dari itu Majelis Ulama Indonesia dengan melalui Dewan Syariah Nasional mengeluarkan fatwa no 77/DSN-MUI/2010 tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai.

Berikut bunyi fatwanya.

“Jual beli emas secara tidak tunai, baik melalui jual beli biasa atau jual beli murabahah, hukumnya boleh (mubah, ja’iz) selama emas tidak menjadi alat tukar yang resmi (uang)”.

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa mendownload fatwanya di url Google Drive berikut ini.

https://drive.google.com/open?id=1JKVo-n3lq7vcoWP-_a33LnKDzPU68-Hv.

 

Harga Emas

Banyak orang yang mempunyai anggapan bahwa harga emas itu selalu naik.

Apakah betul?

Oke kita bahas dengan cara melihat grafik harga emas. Perlu kamu ketahui bahwa harga emas yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh harga emas dunia dan kurs mata uang rupiah terhadap dollar Amerika.

Cara Investasi Emas

Jika kamu perhatikan grafik pergerakan harga emas tersebut, tentunya kamu tidak akan melihat grafik harga emas yang membentuk garis lurus ke atas.

Hal tersebut tentu saja menjadi suatu hal yang sangat wajar, karena grafik harga produk – produk investasi selalu mengalami kenaikan dan penurunan atau fluktuasi harga.

Lalu bagaimana harga emas jangka panjang?

Dapat dikatakan kecenderungan pergerakan harga emas adalah mengalami kenaikan. Hal tersebut terbukti dari grafik pergerakan harga emas selama 26 tahun terakhir yang saya berikan di atas.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa harga emas tidak selalu mengalami kenaikan, tetapi cenderung mengalami kenaikan.

 

Karakteristik Emas

Sebelum kamu melakukan investasi emas, alangkah lebih baiknya apabila kamu mengetahui terlebih dahulu tentang karakteristik emas dari warna, berat, ukuran, harga, dan lain sebagainya.

1. Warna

Apakah kamu pernah melihat emas yang mempunyai warna bukan kuning? Misalnya berwarna putih atau rose gold?

Warna tersebut ditentukan berdasarkan persentase logam campuran dan logam mulia.

Emas yang dijual pada umumnya di toko emas biasanya berwarna.

  • Kuning

Warna emas yang alami yaitu berwarna kuning dan berkilau kekuningan. Emas yang memang asli logam mulia disebut juga dengan emas 24 karat.

  • Putih

Perhiasan emas yang mempunyai warna putih membuat tampak lebih berkarakter dan menarik.

Emas yang berwarna putih ini dibuat dengan cara memadukan emas kuning dengan logam nikel, seng, atau mangan.

Pada umumnya, emas yang berwarna putih ini akan dilapisi dengan rhodium. Hal tersebut dengan tujuan supaya tampak lebih berkilau dan cerah.

  • Rose Gold

Emas yang mempunyai warna rose gold  atau pink ini memiliki penampilan yang cantik dan romantik. Emas dengan warna ini dibuat dari perpaduan logam emas dengan tembaga.

Cara Investasi Emas

2. Kemurnian Emas

Karat merupakan sebutan bagi tingkat kemurnian emas. Tingkat kemurnian ini memperlihatkan persentase kandungan emas murni yang terdapat di dalam sebuah logam.

Berdasarkan SNI (Standar Nasional Indonesia No. SNI 13 – 3487 – 2005 standar karat kadar emas adalah sebagai berikut.

KaratPersentase Kemurnian (%)Keterangan
24 Karat99,00 – 99,9924 bagian emas murni.
23 Karat94,80 – 98,8923 bagian emas murni + 1 bagian logam lain.
22 Karat90,60 – 94,7922 bagian emas murni + 2 bagian logam lain.
21 Karat86,50 – 90,5921 bagian emas murni + 3 bagian logam lain.
20 Karat82,30 – 86,4920 bagian emas murni + 4 bagian logam lain.
19 Karat82,30 – 86,4919 bagian emas murni + 5 bagian logam lain.
18 Karat82,30 – 86,4918 bagian emas murni + 6 bagian logam lain.

Bagaimana cara mengetahui tingkat kemurnian emas?

Untuk dapat mengetahui kemurnian emas kamu dalam melakukan test kemurnian emas dengan beberapa cara berikut ini.

  • Gosok pada batu selanjutnya ditetesi zat kimia

Zat kimia yang sering dipakai untuk melakukan test kemurnian emas adalah asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCI), dan campuran kedua zat tersebut yang biasa disebut dengan air raja atau aqua regia (HNO3+3HCI).

  • Gold tester

Gold tester ini adalah alat yang bisa mendeteksi tingkat kemurnian emas atau karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan.

Alat ini sangat mudah digunakan untuk mendeteksi karat pada bagian permukaan saja. Alat ini tidak bisa digunakan untuk mendeteksi pada bagian dalamnya.

  • Pengujian berat jenis

Setiap benda yang ada tentu saja mempunyai berat jenis atau SG (specific gravity).

Emas bisa dengan sangat mudah dikenali yaitu dengan cara mencari berat jenisnya.

Misalnya saja Ayana mempunyai logam dinar 22 karat dengan berat sebesar 4,25 gram.

Hal tersebut berarti kandungan emas murni yang ada di dalam logam dinar milik Ayana adalah sebesar (22 / 24) x 4,25 gram = 3,9 gram. Angka 24 ini didapatkan dari tingkat kemurnian emas yang paling tinggi yaitu 24 karat.

Kemudian untuk kandungan logam lainnya adalah sebesar 4,25 gram – 3,9 gram = 0,35 gram.

3. Berat dan Ukuran

Pada saat kamu membeli emas di Indonesia, satuan yang dipakai adalah Rupiah per gram atau Rupiah per kilo gram.

Apabila kamu membeli emas di Amerika Serikat, satuan yang digunakan adalah US Dollar per oz (troy ounce) atau US Dollar per ons.

1 oz = 31,1034768 gram.

Dibulatkan menjadi 1 oz = 31,1 gram.

1 ons = 100 gram.

Model / Bentuk / Jenis Investasi Emas

Investasi emas ini mempunyai banyak jenis yang juga mempunyai karakteristik masing – masing.

Pada umumnya investasi emas ini dapat dibedakan menjadi 2 yaitu investasi emas yang bersifat real asset dan investasi emas yang bersifat paper asset.

1. Investasi Emas Real Asset

Ada beberapa jenis investasi emas real asset, yaitu sebagai berikut.

  • Emas Batangan

Emas batangan adalah emas yang mempunyai bentuk batangan atau balok. Emas batangan dianggap sah jika tingkat kemurniannya mencapai 22 – 24 karat.

Di Indonesia sendiri emas batangan bisa kamu beli melalui PT Aneka Tambang Tbk (Antam) divisi Logam Mulia atau di Pegadaian.

Emas batangan ini mempunyai ukuran yang berbeda – beda, mulai dari 25 gram, 50 gram, 100 gram, 1 kilogram, dan lain sebagainya.

  • Perhiasan Emas

Perhiasan emas ini kebanyakan dijadikan investasi oleh para wanita, karena mempunyai beberapa kegunaan sekaligus.

Kegunaan pertama adalah sebagai alat investasi. Hal tersebut dikarenakan harganya yang relatif stabil.

Kegunaan yang kedua adalah sebagai alat untuk mempercantik diri bagi kaum hawa dan sebagai alat untuk menunjukkan status sosial.

Perhiasan emas ini biasanya mempunyai tingkat kemurnian 18 – 22 karat. Sangat jarang perhiasan emas yang dibuat dengan tingkat kemurnian 24 karat.

Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang akan mudah berubah, kemudian mudah rusak mengingat perhiasan emas biasanya mempunyai ukuran kecil – kecil.

Harga perhiasan emas sendiri dipengaruhi oleh beberapa variabel, yaitu sebagai berikut.

NoVariabel
1Harga emas (logam mulia) pada hari ini.
2Karat (tingkat kemurnian) perhiasan emas.
3Biaya lain – lain, misalnya seperti biaya pembuatan, pajak, dan lain sebagainya.
  • Koin Emas

Sama halnya seperti bentuk emas lainnya, koin emas ini juga memiliki harga yang sangat beragam, mulai dari ratusan ribu sampai milyaran rupiah.

Koin emas ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif investasi. Hal tersebut karena koin emas mempunyai kandungan emas murni di logamnya (ada nilai intrinsik) dan ada koin emas yang mempunyai sejarah (nilai ekstrinsik).

Koin emas yang sangat langka (rare gold coin) bisa dihargai dengan harga yang sangat tinggi.

Salah satunya adalah koin emas Flowing Hair Stella PCGS PR66 yang dihargai Rp 9 Miliar.

Cara Investasi Emas

Koin emas dengan harga fantastis tersebut tentu saja sangat tidak likuid. Kamu hanya bisa menjual koin emas tersebut kepada para kolektor emas.

Di Indonesia sendiri koin emas jumlahnya terbatas dan dicetak hanya untuk mengenang peristiwa tertentu.

Oleh karena itu, tidak heran apabila koin emas jarang dijumpai di toko – toko emas.

  • Koin Dinar

Dinar emas berdasarkan Hukum Syari’ah Islam adalah uang emas murni dengan tingkat kemurnian 22 karat.

Dinar emas ini mempunyai berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce atau 4,25 gram.

  • Emas Kuno

Pada umumnya emas kuno ini berbentuk koin yang sudah mempunyai umur ratusan hingga ribuan tahun.

Emas kuno ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Hal tersebut karena emas kuno mempunyai nilai sejarah.

Oleh karena itu sangat baik apabila dijadikan sebagai koleksi atau sebagai sarana investasi.

  • Emas Lokal (Cukim)

Emas lokal atau yang biasa disebut dengan cukim ini adalah emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri – industri kecil atau industri rumah tangga yang ada di suatu daerah.

Oleh karena itu, harga emas lokal di setiap daerah tidaklah sama. Hal tersebut tergantung pada tingkat kemurniannya.

Bentuk fisik dari emas lokal ini biasanya berbentuk bola atau bongkahan – bongkahan kecil seperti batu kerikil.

Emas Lokal (Cukim)

Emas lokal atau cukim ini merupakan hasil peleburan dari berbagai perhiasan emas kemudian dimurnikan.

Kelemahan atau kekurangan investasi emas lokal adalah ketika melakukan penjualan.

Kamu tidak bisa menjual emas lokal di seluruh tempat. Hal tersebut dikarenakan tidak semua toko emas dapat menerima kembali emas lokal.

Kamu hanya bisa menjual emas lokal di tempat kamu membeli emas tersebut.

Hal tersebut karena hanya toko emas tersebutlah yang mengetahui dengan pasti berapa kadar emas tersebut.

Jadi apabila kamu ingin investasi emas lokal, belilah di toko emas yang terpercaya dan belilah di satu atau dua toko langganan saja, jangan membeli di tempat yang berbeda – beda.

  • Logam Mulia Antam

Salah satu perusahaan yang memproduksi logam mulia di Indonesia adalah PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Logam mulia Antam ini mempunyai 2 jenis bentuk yaitu yang berbentuk gold bar minted dan gold bar cast.

Gold Bar Minted

Gold bar minted ini adalah emas batangan yang mempunyai ukuran kecil. Di Indonesia sendiri logam mulia Antam ini mempunyai berat 1 – 100 gram dengan tingkat kemurnian 99,99% atau 24 karat.

Gold bar minted ini bisa kamu beli dan juga jual dimana saja tanpa harus dilakukan pemeriksaan ulang kadar emas atau kemurniaan emas terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan emas batangan tersebut sudah dilengkapi dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

Logam mulia Antam dengan berat 50 dan 100 gram mempunyai spesifikasi sebagai berikut.

Logam mulia antam

NomorKeterangan
1Logo logam mulia
2Akreditasi
3Website perusahaan
4Info garansi
5Spesifikasi produk
HurufKeterangan
ALogo LM yang dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang bisa dilihat di bawah sinar ultra violet (UV).
BKode produksi yang terdiri dari kombinasi huruf dan juga angka yang mempunyai ukuran sangat kecil yang bisa dibaca dengan bantuan kaca pembesar.
CStiker hologram yang berlogo Antam yang ditempelkan pada sisi kanan dan kiri kemasan logam mulia.
DStiker hologram yang berlogo Antam yang ditempelkan pada sisi kanan dan kiri kemasan logam mulia.
ELapisan tinta khusus yang bisa dilihat dengan menggunakan sinar ultraviolet (UV).
FBarcode tipe QR Code.
GKode huruf L pada produk akan berubah menjadi huruf M jika dilihat dari sudut pandang tertentu.
HPlastik tembus pandang yang mempunyai hologram logo LM pada sisi belakang.
Gold Bar Cast

Gold bar cast adalah emas batangan yang mempunyai berat 250 – 12.500 gram dan bisa-nya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat perhiasan emas.

Berikut ini merupakan ukuran dari gold bar cast.

Berat (gram)Ketebalan (mm)Panjang (mm)Lebar (mm)
12.5004223878
1.0008,8511853,7
2503,1111850

2. Investasi Emas Paper Asset

Selain investasi emas real asset ada juga investasi emas paper asset atau non real. Jenisnya pun beragam, yaitu sebagai berikut.

  • Sertifikat Emas

Investasi emas tidak hanya bisa dilakukan dalam bentuk fisik saja, namun bisa juga dalam bentuk sertifikat.

Sertifikat emas adalah suatu bukti atau bentuk kepemilikan emas yang tersimpan di suatu negara.

Sertifikat emas ini merupakan salah satu investasi yang menguntungkan dan juga aman.

Hal tersebut dikarenakan seseorang tidak harus mengeluarkan biaya untuk menyimpan emas.

  • Saham Perusahaan Emas

Investasi ini tergolong juga sebagai investasi saham, namun dilakukan pada perusahaan emas.

Karena termasuk investasi saham kamu harus berhati – hati karena investasi ini mempunyai risiko seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel ini.

Berikut ini merupakan beberapa perusahaan emas yang ada di Indonesia.

Nama PerusahaanKode SahamTanggal IPO
Aneka Tambang (Persero) TbkANTM27 November 1997
Aneka Tambang (Persero) TbkMDKA19 Juni 2015
J Resources Asia Pacific TbkPSAB19 Juni 2015
  • Kontrak Emas Berjangka

Dengan semakin majunya teknologi pada saat ini, maka semakin mudah juga dalam melakukan investasi.

Salah satunya adalah emas yang bisa diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading).

Perdagangan emas berjangka ini termasuk produk trading derivative yang mempunyai leverage tinggi.

Tingkat leverage yang tinggi tentu saja akan membuat kamu bisa meraih keuntungan yang sangat besar.

Namun keuntungan yang besar tersebut juga dibarengi dengan tingkat risiko yang tinggi pula.

Oleh karena itu apabila kamu ingin mencoba derivative product trading, alangkah baiknya apabila kamu mempelajari terlebih dahulu secara detail tentang skema kerjanya.

  • Reksadana Emas

Reksadana emas ini akan tetap memberikan profit kepada seseorang meskipun tidak menyimpan emas secara fisik.

Reksadana emas ini tidak hanya ditanamkan pada perdagangan emas fisik saja, tapi dilibatkan juga di dalam transaksi saham perusahaan emas.

Namun, yang saya ketahui di Indonesia sendiri belum ada reksadana emas.

Sebagai contoh saya mencari reksadana emas (equity precious metals) di Amerika Serikat.

Dan saya menemukan produk reksadana emas dengan nama Fidelity® Select Gold Portfolio dengan kode FSAGX.

Fidelity® Select Gold Portfolio / FSAGX

  • ExchandeTrade Funds (ETF) Emas

ETF emas ini adalah jenis merupakan salah satu jenis reksadana yang dapat diperdagangkan di bursa efek atau pasar modal. Dengan kata lain ETF emas ini merupakan komoditas yang diperdagangkan sama seperti saham.

Yang saya ketahui di Indonesia sendiri belum ada ETF Emas. Sejauh ini ETF yang ada di Indonesia adalah ETF untuk perdagangan saham.

Berikut ini merupakan salah satu contoh dari ETF emas.

Sprott ETF TR / Gold Miners ETF / SGDM

Baca Juga: Investasi Properti

 

Strategi Investasi Emas

Sebelum kamu memulai melakukan investasi emas ada baiknya kamu mempersiapkan strategi investasi emas terlebih dahulu, berikut ini merupakan beberapa strategi tersebut.

1. Tetapkan Tujuan Investasi dan Ukur Kemampuan Keuangan Kamu

Menentukan tujuan investasi adalah langkah awal yang harus kamu lakukan. Hal tersebut dengan tujuan supaya kamu bisa mengukur seberapa besar risiko dan profit yang akan kamu dapatkan di masa depan.

Jangan sampai kamu melakukan investasi emas hanya sekedar mengikuti tren atau tanpa tujuan yang pasti.

Tujuan investasi yang pasti dan jelas akan sangat membantu kamu untuk lebih mudah mencapai target yang sudah kamu tentukan.

Misalnya kamu melakukan investasi emas dengan tujuan untuk biaya pendidikan anak.

Untuk dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan, tentunya kamu harus bisa menentukan target dana, jangka waktu, pemakaian dana, dan cara investasi yang tepat.

Silahkan kamu mencoba untuk mengkonversikan dana dalam rupiah ke dalam bentuk emas.

Asumsikanlah harga emas per gramnya dengan target dana yang kamu butuhkan. Hal tersebut untuk mencari tahu berapa besaran dana investasi yang harus kamu keluarkan setiap waktunya untuk investasi emas.

2. Pilih Cara Investasi Emas

Ada banyak cara investasi emas yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membeli emas dengan cara tunai, dengan cara menabung, dengan cara mengangsur, atau dengan cara arisan.

Cara investasi emas di setiap tempat akan saya bahas di artikel ini pada pembahasan selanjutnya.

3. Jeli Memilih Waktu Investasi Emas dan Konsultasi dengan Ahli

Kapan waktu terbaik melakukan investasi emas?

Mengenai pertanyaan tersebut kamu sebaiknya rajin memperhatikan pergerakan harga emas yang ada di pasaran dan berkonsultasilah kepada yang ahli.

Pada saat harga turun disitulah saatnya kamu membeli emas, bukan menjual emas.

Sebelum melakukan penjualan emas, sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu tentang harga emas dan kecenderungan jangka pendeknya ke depan.

Pada saat ini banyak media atau situs website yang memberikan informasi tentang perkembangan harga emas dan analisisnya terhadap kemungkinan perkembangan harga emas di masa depan.

Situs yang menyediakan perkembangan harga emas diantaranya Kitco, Goldprice, dan USB Gold.

4. Pilihlah Jenis Emas yang Sesuai

Emas yang mempunyai sertifikat akan selalu bisa diterima dimana saja. Emas dengan tingkat kemurnian 24 karat akan lebih mudah dijual daripada emas yang mempunyai tingkat kemurnian 18 karat.

Emas yang mempunyai sertifikat akan dihargai dengan harga yang lebih tinggi daripada emas yang tidak mempunyai sertifikat.

Perhiasan emas yang modelnya masih sama pada saat membeli atau tidak ada kerusakan tentunya akan lebih mudah dijual dan lebih tinggi harganya daripada perhiasan emas yang sudah rusak.

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih jenis emas yang sesuai dengan tujuan investasi emas kamu.

5. Siapkan Dana Cadangan dan Pilih Emas dengan Kemurnian Tinggi

Strategi investasi yang selanjutnya adalah pastikanlah kamu sudah mempersiapkan dana cadangan.

Seberapa besar?

Besaran dana tersebut kurang lebih sekitar 6 sampai dengan 12 bulan pengeluaran yang kamu lakukan sebelum melakukan investasi.

Selain itu, pada saat membeli emas jangan asal membeli. Kamu harus memperhatikan kadar kemurnian emas.

Karena semakin tinggi tingkat kemurnian emas, maka akan semakin mudah emas tersebut dijual seperti yang sudah dijelaskan pada poin 4.

6. Jual Pada Pihak yang Terpercaya

Pada saat kamu ingin menjual emas sebaiknya jual lah di tempat kamu membelinya, dan pastikan apabila kuitansi atau sertifikatnya masih ada.

Apabila terdapat perjanjian buy back guarantee, kamu harus memperhatikan apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai atau belum.

Sebelum kamu mantap melakukan penjualan emas, lebih baik kamu mencari informasi tentang harga emas di pasaran.

Supaya lebih terjamin, kamu bisa mempercayakan urusan jual beli pada lembaga yang terpercaya misalnya seperti Pegadaian.

Sebenarnya menyusun strategi investasi emas untuk memperoleh profit yang maksimal dapat dikatakan gampang – gampang susah.

Kunci utamanya adalah pada perencanaan dan juga pada perhitungan yang tepat.

Janganlah ragu untuk berkonsultasi kepada mereka yang ahli atau rekan yang sudah mempunyai pengalaman di bidang investasi emas.

Dengan mendengarkan berbagai saran, kamu akan dapat lebih mudah menentukan strategi mana yang paling sesuai dengan keadaan keuangan kamu.

 

Tempat Membeli Emas

Berikut ini merupakan beberapa tempat yang menjual emas.

1. Toko Emas

Tidak semua toko yang ada di Indonesia melayani penjualan logam mulia Antam. Kebanyakan toko emas hanya menjual perhiasan emas.

Sistem pembayaran yang biasanya ditawarkan di toko emas pada umumnya adalah pembelian secara langsung atau sistem cash on delivery (COD) dengan menggunakan uang tunai.

2. Perusahaan Antam, Unit Antam, atau Cabang Antam

Apakah kamu mengetahui apa itu emas Antam?

Emas antam adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk atau yang biasa disebut dengan PT Antam.

PT Antam ini merupakan salah satu produsen emas yang ada di Indonesia.

Untuk dapat mengetahui informasi yang berhubungan dengan logam mulia Antam, kamu bisa menghubungi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang berlokasi di.

Jl Pemuda – Jl Raya Bekasi Km 18,

Pulogadung, Jakarta 13010,

Telepon: (021) 299 80 900, (021) 4757 108

Email: infolm@antam.com

Selain itu, kamu juga bisa membeli emas yang ada di butik Antam yang terdapat di beberapa daerah yang ada di Indonesia seperti Surabaya, Makassar, Bandung, dan Palembang.

Harga emas yang ada di butik Antam memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan harga emas yang ada di Gedung Pusat Antam.

Tapi harga emas yang ada di kantor cabang atau butik emas Antam yang ada di daerah – daerah sama saja.

3. Pegadaian

Selain di Antam, kamu juga bisa membeli emas atau logam mulia di kantor Pegadaian.

Tetapi tidak seluruh Pegadaian melayani pembelian emas secara tunai. Hanya pegadaian yang mempunyai outlet galeri 24 saja lah yang melayani pembelian emas yang dilakukan secara tunai.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembelian emas secara online di Pegadaian dengan melalui www.pegadaian.co.id.

Jika kamu bingung bagaimana tata cara pembelian di Pegadaian secara online, kamu jangan khawatir.

Hal tersebut dikarenakan pada situs tersebut sudah terdapat tata cara pembelian emas secara lengkap.

4. Bank Syariah

Sejumlah bank syariah sudah melayani pembelian emas. Misalnya seperti BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, BCA Syariah dan lain sebagainya.

Jika kamu membeli emas di bank syariah kamu dapat melakukan pembelian secara kredit.

Biasanya sistem pembelian yang digunakan adalah sistem akad jual beli murabahah.

Apabila kamu melakukan pembelian emas di bank syariah, tentunya hal tersebut akan meringankan keuangan kamu karena pembayarannya dapat melalui mekanisme cicilan per bulan.

Selain itu di bank syariah juga melayani gadai emas yang sudah dibeli dengan nilai sampai 95% dari harga pasar.

5. Toko Emas Online

Sebelum kamu melakukan pembelian emas di toko emas online, pastikan lah kamu membeli di toko emas online yang terpercaya.

Apabila kamu membeli emas di toko emas online terpercaya, tentu saja akan mengurangi risiko penipuan emas palsu dan kecurangan lainnya yang dapat merugikan kamu.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa toko emas online, misalnya seperti Indogold dan Tamasia.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membeli emas di toko emas online.

1Harga emas yang ditawarkan.
2Pilihan pembayaran, dalam hal ini termasuk cicilan kartu kredit 0%.
Periksa kembali apakah terdapat biaya administrasi yang berhubungan dengan cicilan kartu kredit.
3Biaya pengiriman dan juga asuransi ketika mengirim logam mulia.
Apabila dalam pengiriman terjadi suatu masalah, maka logam mulia yang kamu pesan akan lama sampai ke tangan kamu.
Sebelum kamu melakukan pembelian, alangkah baiknya jika kamu menanyakan terlebih dahulu jasa pengiriman yang digunakan.
4Customer service yang fast respon, ramah, dan solutif.
5Promo dan berbagai kebijakan toko emas online juga harus kamu pertimbangkan sebelum kamu membeli emas.

6. Marketplace atau E-Commerce

Selain beberapa tempat yang sudah disebutkan, kamu juga bisa membeli emas di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Pada saat ini di marketplace sudah menyediakan layanan untuk transaksi jual beli emas yang bekerjasama dengan pihak tertentu.

Cara Investasi Emas Pegadaian

Salah satu pihak yang mempunyai otoritas untuk melayani transaksi emas di Indonesia adalah Pegadaian.

Kredibilitas dari Pegadaian ini sudah terjamin. Hal tersebut dikarenakan diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pegadaian sendiri mempunyai beberapa program atau cara investasi emas, yaitu sebagai berikut.

1. Tabungan Emas

Pegadaian mempunyai program untuk berinvestasi emas yang dinamakan tabungan emas.

Apa itu tabungan emas?

Tabungan emas adalah suatu layanan penitipan saldo emas yang dapat mempermudah masyarakat untuk berinvestasi emas yang disediakan oleh Pegadaian.

Cara investasi emas di Pegadaian yang disebut dengan tabungan emas ini sama seperti dengan menabung uang di bank pada umumnya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah datang ke Pegadaian untuk membuka program tabungan emas.

Kemudian kamu tinggal melakukan setor sejumlah uang yang akan ditabung. Selanjutnya uang yang kamu tabung tersebut akan dikonversi menjadi emas.

Misalnya saja harga emas pada saat ini 1 gramnya adalah Rp 800 ribu, maka pada saat kamu menabung uang dengan jumlah Rp 800 ribu, secara otomatis saldo yang tercantum adalah 1 gram emas.

Misalnya 2 tahun kemudian kamu akan mengambil tabungan tersebut. Misalnya harga emas setelah 2 tahun menjadi Rp 850 ribu, maka kamu bisa mengambil uang sejumlah Rp 850 ribu.

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan pada program tabungan emas di Pegadaian, yaitu sebagai berikut.

1Cara investasi emas dengan program tabungan emas ini tersedia di semua outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, agen Pegadaian, dan juga marketplace.
2Biaya administrasi dan juga pengelolaannya yang tergolong kecil.
3Kamu bisa menabung emas mulai dari 0,01 gram.
4Order cetak emas bisa dilakukan mulai dari kepingan seberat 1 gram.
5Tingkat kemurniannya dijamin 24 karat.
6Dikelola dengan profesional dan juga transparan.
7Harga jual dan buy back emas yang kompetitif.
8Kamu bisa melakukan buy back emas mulai dari 1 gram.

2. Mulia Tunai

Cara investasi emas selanjutnya yang disediakan oleh Pegadaian adalah mulia tunai.

Mulia tunai ini adalah program yang mendasar untuk memperoleh emas dengan langsung membelinya secara tunai.

Kamu dapat memperoleh emas di Pegadaian Galeri 24 dengan produk emas mulia tunai.

Dengan program mulia tunai ini kamu bisa membeli emas mulai dari 0,5 gram sampai dengan 1 kg.

Untuk tingkat kemurnian atau keaslian emasnya jangan diragukan lagi. Hal tersebut karena kamu akan memperoleh sertifikat LBMA (London Bullion Market Association) atau SNI pada saat kamu membeli emas.

Untuk memperoleh sertifikat tersebut, kamu perlu mempersiapkan identitas diri seperti KTP atau paspor dan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak Pegadaian.

3. Mulia Personal

Di Pegadaian kamu juga bisa melakukan investasi emas dengan cara angsuran. Kamu dapat melakukan angsuran di outlet Pegadaian dengan proses yang cepat dan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun.

Menggunakan cara investasi emas dengan angsuran, kamu dapat membayar uang muka minimal sebesar 15% dan maksimal 90%.

Waktu untuk melakukan angsuran adalah dari 3 sampai dengan 36 bulan. Besaran angsuran yang kamu bayarkan setiap bulannya pun tetap, tidak terpengaruh fluktuasi harga emas.

4. Mulia Arisan

Selain ke-3 program yang sudah dijelaskan, di Pegadaian juga terdapat program yang bernama mulia arisan.

Cara investasi emas mulia arisan ini adalah pembelian emas dengan cara arisan.

Cara ini menjadi pilihan layanan investasi emas batangan secara angsuran untuk suatu regu atau kelompok arisan dengan harga yang pasti dan tidak terpengaruh pada fluktuasi harga emas.

Kenapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan harga emas sudah ditentukan sejak awal dilaksanakannya arisan.

Untuk bisa mengikuti program ini, kamu hanya harus membentuk kelompok arisan yang beranggotakan minimal 6 orang.

Masing – masing orang dapat membayar uang muka 10% sampai dengan 15% dari harga emas yang diinginkan mulai dari 0,5 sampai dengan 1 kg.

Kemudian setelah kelompok terbentuk dan sudah membayar yang muka, maka setiap orang membayar angsuran setiap bulannya sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Setiap bulannya, satu anggota dari kelompok akan memperoleh 1 keping emas yang ditentukan dengan cara yang sama seperti arisan pada umumnya, yaitu dengan pengundian.

Pilihan waktu pembiayaan emas dengan menggunakan sistem arisan ini bisa dilakukan sampai dengan 36 bulan sesuai dengan jumlah anggota kelompok arisan yang sudah dibentuk.

Pembayaran tersebut dapat dilakukan secara online atau dengan melalui outlet Pegadaian atau ATM / internet banking.

Cara Investasi Emas Antam

Selain di Pegadaian, PT Aneka Tambang Tbk atau PT Antam ini juga bisa sebagai alternatif apabila kamu ingin membeli emas.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa emas yang ada di PT Antam ini sudah mempunyai sertifikat LBMA (London Bullion Market Association) dan sudah diakui secara internasional serta memiliki tingkat kemurnian 99,99% atau 24 karat.

Hal tersebut tentu saja sudah bisa memastikan bahwa emas yang dijual di PT Antam ini asli.

Bagaimana cara mengecek keaslian emas PT Antam?

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang bagian – bagian dari emas yang dijual oleh PT Antam.

Jadi emas yang dijual oleh PT Antam ini mempunyai fitur keamanan terbaru dengan teknologi certicard. Yang dimana sertifikat tersebut menyatu dengan kemasan emasnya.

Keaslian produk bisa kamu lihat dengan cara memindai barcode pada bagian belakang kemasan dengan menggunakan aplikasi CertiEye atau dengan melihat watermark yang ada di plastik kemasan dengan menggunakan sinar UV.

Oleh karena itu, kamu harus benar – benar menjaga supaya kemasan dalam kondisi yang baik.

Ada beberapa cara investasi emas yang diselenggarakan oleh PT Antam, yaitu sebagai berikut.

1. Investasi Emas Klasik

Cara ini adalah cara yang paling banyak dipakai baik oleh pemula ataupun oleh yang sudah pro.

Cara ini adalah kegiatan jual beli emas yang sesuai dengan fluktuasi atau pergerakan harga emas.

Apabila harga emas sedang turun, maka hal tersebut adalah kesempatan kamu untuk membeli emas.

Tunggulah sampai harga emas naik dan kemudian kamu jual. Apabila kamu ingin berinvestasi untuk jangka panjang, kamu bisa untuk menyimpannya sekitar 5 sampai dengan 10 tahun atau sesuai dengan target jangka panjang kamu.

2. Berencana Aman Kelola Emas (Brankas)

Apabila di Pegadaian mempunyai program tabungan emas, di PT Antam juga mempunyai program yang hampir sama dengan tabungan emas yang diberi nama Brankas ( Berencana Aman Kelola Emas).

Brankas adalah suatu program layanan pembelian dan juga penyimpanan emas secara online yang diselenggarakan oleh PT Antam.

Harga emas Brankas ini lebih murah jika dibandingkan dengan hraga emas Antam fisik.

Kenapa?

Hal tersebut dikarenakan masih berbentuk bahan emas dan belum ditambahkan dengan biaya cetak.

Kamu bisa menarik fisik emas Brankas sesuai dengan pecahan berat yang kamu inginkan.

Caranya adalah dengan membayar biaya cetak atau menjual kembali dengan harga buyback yang lebih tinggi.

Cara Investasi Emas Online

Pada zaman sekarang ini hampir semua hal dilakukan secara online, bahkan investasi emas pun dapat dilakukan dengan online.

Berikut ini merupakan beberapa penyedia layanan investasi emas secara online.

1. Tokopedia

Tokopedia ini menyediakan pelayanan jual beli emas yang bekerjasama dengan Pegadaian.

Perbedaannya dengan Pegadaian adalah jika di Pegadaian kamu harus datang terlebih dahulu, isi formulir, dan lain sebagainya.

Di Tokopedia kamu tidak perlu melakukan semua hal tersebut, kamu bisa melakukan transaksi di website atau aplikasi Tokopedia.

Di Tokopedia terdapat 3 jenis keanggotaan emas, yaitu sebagai berikut.

  • Gold Club

Seluruh anggota Tokopedia secara otomatis akan menjadi anggota gold club. Dalam keanggotaan ini kamu hanya diperbolehkan melakukan investasi sebanyak 1 gram emas saja dan transaksi selama satu bulannya hanya boleh sebanyak 10 gram emas saja.

  • Gold Prime

Untuk dapat menjadi anggota gold prime ini kamu harus menyerahkan identitas diri seperti KTP atau SIM.

Dengan keanggotaan gold prime, kamu dapat melakukan investasi sampai dengan 10 gram.

Untuk jumlah transaksinya pun sama seperti gold club yaitu 10 gram per bulan. Namun dengan keanggotaan gold prime ini kamu bisa mengaktifkan fitur langganan emas.

  • Gold Prestige

Untuk dapat menjadi anggota gold prestige kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor Pegadaian.

Dengan keanggotaan gold prestige ini kamu bisa melakukan investasi lebih dari 10 gram emas.

Selain itu kamu juga tidak akan dibatasi transaksi jual beli emas selama satu bulan.

Di Tokopedia yang saya ketahui belum tersedia layanan cetak emas secara fisik. Sehingga apabila kamu mempunyai niatan ingin investasi emas dan ingin mempunyai emas, kamu bisa datang langsung ke Pegadaian.

Untuk mengetahui secara detail tentang cara investasi emas di Tokopedia silahkan langsung ke https://www.tokopedia.com/emas/.

2. Bukalapak

Selain di Tokopedia, kamu juga bisa melakukan investasi emas di Bukalapak. Perbedaannya, jika di Bukalapak ini bekerjasama dengan Indogold untuk melakukan penyimpanan emasnya.

Peranan dari Bukalapak sendiri adalah sebagai perantara saja, sedangkan yang mempunyai layanan adalah Indogold.

Hebatnya di Bukalapak ini kamu bisa membuka tabungan emas dan bisa berinvestasi berapapun tanpa harus ke Pegadaian terlebih dahulu.

Maksimal investasi yang dapat kamu lakukan adalah 850 gram per hari, sedangkan untuk jumlah minimalnya adalah 0,00001 gram atau kurang dari Rp 100 saja.

Sama halnya dengan Pegadaian, kamu juga bisa melakukan cetak emas di Bukalapak. Emas yang kamu peroleh adalah emas cetakan dari PT Antam.

Untuk mengetahui secara detail tentang cara investasi emas di Bukalapak silahkan langsung ke https://www.bukalapak.com/bukaemas.

3. Indogold

Indogold ini sudah sempat saya sebutkan sebelumnya. Indogold adalah perusahaan yang bekerjasama dengan Bukalapak dalam hal investasi emas, perusahaan ini juga sudah terdaftar di OJK.

Sehingga dapat dikatakan perusahaan yang legal atau resmi. Indogold ini terdaftar di OJK sebagai perusahaan pegadaian.

Pembelian emas yang dapat dilakukan di Indogold minimalnya adalah 0,001 gram. Untuk penjualannya minimal Rp 10 ribu dan maksimalnya adalah Rp 100 juta per transaksi.

Apabila melebihi dari Rp 100 juta, kamu bisa melakukan beberapa transaksi. Dan untuk jumlah transaksi per harinya tidak ada pembatasan.

Seluruh transaksi jual beli ataupun penarikan emas dapat dilakukan melalui aplikasi android ataupun iphone.

Untuk mengetahui secara detail tentang cara investasi emas di Indogold silahkan langsung ke https://www.indogold.com/.

4. Tamasia

Tamasia ini hampir sama seperti Indogold, tetapi untuk transaksinya minimal Rp 10 ribu dan tidak terdapat batas maksimal pembelian emas.

Sedangkan untuk penjualan pertama kali terdapat minimalnya yaitu 1 gram. Selain itu, di Tamasia terdapat pembatasan penjualan emas per hari yaitu Rp 15 juta.

Sama seperti yang lainnya, apabila kamu ingin mendapatkan fisik emas, maka kamu harus membayar biaya cetak, biaya sertifikat, biaya pengiriman, dan biaya asuransi.

Dalam hal penyimpanan emasnya Tamasia ini bekerjasama dengan PT Antam.

Hebatnya di Tamasia ini kamu bisa menjadi reseller emas hanya dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 99 ribu saja.

Untuk mengetahui secara detail tentang cara investasi emas di Tamasia silahkan langsung ke https://www.tamasia.co.id/.

Kesalahan Pemula dalam Investasi Emas

Walaupun investasi emas ini tergolong investasi yang relatif mudah dan sangat cocok dipraktikkan untuk seluruh kalangan, namun bukan berarti kamu tidak membutuhkan strategi.

Supaya investasi emas yang kamu lakukan lebih menguntungkan, ada baiknya kamu menghindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula berikut ini.

1. Membeli Emas Tanpa Melihat Wujudnya

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini tentu saja memberikan berbagai macam kemudahan dalam melakukan transaksi, termasuk dalam transaksi jual beli emas.

Kemajuan teknologi ini juga menimbulkan risiko yang cukup tinggi dalam transaksi jual beli emas. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak melihat fisik emasnya secara langsung.

Namun, apabila kamu ingin melakukan investasi emas secara online, kamu harus memastikan perusahaan atau lembaga yang kamu pilih mempunyai reputasi yang baik dan dapat dijamin keaslian emasnya.

Agar terhindar dari risiko penipuan yang dilakukan oleh lembaga investasi bodong, kamu bisa melakukan cek legalitas perusahaan atau lembaga tersebut melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Tidak Pernah Memantau Harga Emas

Perlu kamu ketahui bahwa investasi emas itu tidak hanya sekedar membeli, menimbun, dan juga menjual.

Dalam hal ini dibutuhkan suatu strategi supaya profit yang kamu dapatkan maksimal.

Investor pemula sering tidak memperhatikan pergerakan harga emas. Degan memantau pergerakan harga emas kamu akan mengetahui momentum yang tepat untuk membeli ataupun menjual emas.

3. Membeli Emas dalam Bentuk Perhiasan

Perhiasan emas memang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, namun apabila kamu tertarik untuk melakukan investasi emas alangkah lebih baik jika menghindari membeli emas dalam bentuk perhiasan.

Besar kecilnya imbal balik yang kamu peroleh dari perhiasan emas ini ditentukan oleh beberapa faktor misalnya seperti biaya pembuatan perhiasan.

Pada umumnya dalam menentukan harga, toko emas tidak hanya memperhatikan dari segi berat dan tingkat kemurnian emas saja.

Namun, juga apabila semakin rumit desain perhiasan emas, maka akan semakin besar biaya yang kamu keluarkan.

4. Tidak Memperhatikan Kemurnian Emas

Nah dalam hal ini kamu harus berhati – hati, karena di pasaran banyak dijumpai emas daur ulang atau scrap gold.

Emas daur ulang tersebut berasal dari emas benda elektronik yang dijual kembali oleh pengrajin emas.

Selain tidak mempunyai nilai estetika, emas yang didaur ulang ini juga tidak mempunyai nilai jual yang menarik.

Emas dengan tingkat kemurnian 24 karat ini sudah pasti menguntungkan. Oleh karena itu, pastikanlah kamu untuk memeriksa kemurnian emas sebelum memutuskan untuk membelinya.

5. Berhutang untuk Melakukan Investasi

Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula. Untuk melakukan investasi emas pastikanlah kamu sudah mempunyai modal yang cukup sebelum memulainya.

Hal tersebut dikarenakan hasil dari investasi ini tidak bisa diambil dalam jangka waktu yang cepat. Jangan sampai kamu berutang hanya karena ingin berinvestasi emas.

Sebaiknya dana investasi berasal dari dana diluar kebutuhan kamu. Jadi jika dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sudah terpenuhi dan terdapat sisa dana, maka gunakan lah sisa dana tersebut untuk investasi.

Risiko Investasi Emas

Meskipun investasi emas terlihat menguntungkan, tetapi kamu harus mempertimbangkan berbagai risiko yang kemungkinan terjadi.

Hal tersebut wajar, karena sudah pasti setiap investasi mempunyai risiko nya masing – masing.

Berikut ini merupakan beberapa risiko investasi emas.

1. Kehilangan

Karena emas merupakan benda yang berharga sehingga menjadi benda sasaran pencurian.

Oleh karena itu tidak bisa disimpan di sembarang tempat dan harus disimpan di tempat yang aman.

Kamu bisa mengatasi risiko kehilangan ini dengan cara menyimpan di brankas milikmu sendiri ataupun menyewa dari bank.

2. Penipuan

Penipuan ini akan terjadi apabila kamu kurang mempunyai pengetahuan tentang emas.

Khususnya cara dalam membedakan tingkat kemurnian emas. Apabila kamu tidak mengetahui atau minim pengetahuan tentang emas, kemungkinan besar kamu bisa tertipu dengan emas palsu dan sertifikat palsu.

3. Penurunan Nilai

Penurunan nilai emas ini bisa terjadi apabila emas yang kamu beli tidak dirawat. Perlu kamu ketahui, emas itu bisa mengalami oksidasi dan warnanya bisa memudar apabila tidak kamu rawat dengan baik.

Kondisi emas yang kurang baik tentu saja akan menurunkan nilai dari emas tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara investasi emas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar