Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar



Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, tentu saja kamu menginginkan uang saku tambahan untuk meringankan beban orang tua. Oleh karena itu, kamu membutuhkan beberapa ide bisnis modal kecil untuk pelajar.

Apabila kamu mengetahui ide bisnis modal kecil, maka kamu tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang yang banyak.

Bagi pelajar sebuah bisnis bukan hanya untuk menambah uang saku saja, melainkan bisa juga untuk modal dan juga pengalaman yang bisa dijadikan pilihan setelah menempuh pendidikan.

Berikut ini merupakan beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Fotografer atau Videografer Lepas

Ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang pertama adalah dengan menjadi fotografer atau videografer lepas.

Untuk kamu yang memiliki bakat dan ilmu didunia fotografer, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu untuk mendapatkan uang. Harga untuk jasa fotografer beragam, tergantung proyek yang dikerjakannya.

Contoh proyek yang dapat diambil adalah foto untuk album kenangan, foto acara ulang tahun, pernikahan, dan masih banyak yang lainnya.

Kamu juga bisa mengikuti lomba fotografer, untuk informasi lombanya kamu bisa cari di internet.

2. Penulis Lepas

Meskipun sudah banyak yang membuka jasa penulisan, tidak ada salahnya kamu coba terlebih dahulu. Kamu bisa menawarkan jasa kamu ke blogger untuk menulis artikel.

Perlu kamu diketahui bahwa penghasilan dari jasa menulis ini bisa dibilang lumayan besar.

Berikut ini merupakan daftar tarif yang bisa kamu jadikan referensi apabila kamu membuka jasa penulisan artikel.

Bahasa Indonesia
500 kataRp. 15.000
1000 kataRp. 30.000
3000 kataRp. 90.000
Bahasa Inggris
500 kataRp. 30.000
1000 kataRp. 60.000
3000 kataRp. 180.000

3. Youtuber

Pasti ide ini sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Tidak perlu memiliki studio, kamera, dan alat yang canggih, kamu sudah bisa menjadi youtuber.

Kamu bisa menggunakan HP atau membuat video slide show yang menampilkan suatu informasi, seperti channel Nanda PA.

4. Desain Grafis

Desain grafis masih memiliki banyak sekali peluang. Bisa membuka jasa pembuatan logo, desain banner, desain kaos, dan kamu juga bisa mengikuti kompetisi desain grafis secara online.

Platform yang dapat kamu coba untuk menjual kemampuanmu antara lain fivver.com, logoground.com, freepik.com, dan masih banyak lainnya.

5. Jasa Les Anak Sekolah

Ide bisnis ini sudah banyak dijalani untuk kalangan mahasiswa, pasalnya untuk memulai bisnis ini kamu tidak memerlukan modal yang cukup besar, hanya bermodalkan ilmu dan alat tulis.

6. Menjual Pulsa Elektrik

Bisnis ini mungkin dipandang sebelah mata, namun kamu bisa mencobanya. Kamu hanya memerlukan modal awal sekitar 50 ribuan. Sekali transaksi, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp.500- Rp.2.000.

7. Jasa Pembuatan Website

Peluang pembuatan website masih cukup besar, pasalnya masih banyak orang yang tidak bisa membuat dan merawat websitenya. Kamu bisa membuat menggunakan wordpress ataupun dengan coding sendiri.

Target pasar juga cukup luas, mulai dari pemerintah desa, UMKM untuk toko online, dan masih banyak lainnya.

8. Jasa Percetakan

Jangan khawatir kalau membuka jasa percetakan tidak memiliki mesin cetaknya. Kamu bisa mencetak ke mesin langsung dengan menjual ke konsumen dengan ditambahi keuntungan yang mau kamu dapatkan dan bisa tambah jasa desainnya. Yang diperlukan hanya laptop atau komputer dan mental.

9. Jual Beli Buku Bekas

Untuk memulai bisnis ini kamu tidak bermodalkan apa apa, hanya bermodalkan niat yang kuat.

Kamu bisa menjualnya secara online seperti di shopee, tokopedia, bukalapak, dan difacebook.

10. Konten Kreator

Konten kreator merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas dan mental yang tinggi. Apabila konten kamu banyak yang melihat, akan datang dengan sendirinya orang atau perusahaan yang akan endors ataupun paid promot.

Selain itu kamu bisa memanfaatkan untuk berjualan sendiri, ini akan lebih menguntungkan.

11. Toko Online

Dengan majunya teknologi, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual barang secara online. Entah itu barang elektronik, herbal, pakaian, atau yang lainnya.

Untuk kamu yang tidak memiliki modal dan stok, kamu bisa menggunakan sistem dropship.

Target pasarpun sangatlah luas, karena menjangkau seluruh dunia. Kamu bisa menjualnya lewat marketplace ataupun media sosial.

12. Translater

Usaha ini cocok untuk kamu yang bisa ataupun suka bahasa luar negeri, entah itu bahasa Jepang, Inggris, Spanyol, Rusia, ataupun lainnya.

Jasa ini banyak dicari pihak yang kurang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Kamu juga bisa buka jasa translater di situs fiverr.com.

13. Service dan Perawatan Komputer, Laptop, dan Printer

Usaha ini dibutuhkan keterampilan dan ilmu dalam dunia komputer, laptop, maupun printer. Promosikan ke teman-teman terdekat terlebih dahulu untuk memulainya. Dengan berjalannya waktu, usahamu akan semakin luas didengar orang.

Pasarnya pun cukup luas, karena di zaman sekarang banyak sekali yang sudah memiliki laptop, komputer, ataupun printer.

14. Jasa Ketik

Terdengar sepele, namun siapa sangka jasa mengetik dapat menghasilkan uang untuk tambah uang saku. Kamu bisa memasang tarif perlembar kertas atau perproyek.

15. Jasa Antar Barang

Meskipun sudah ada ojek online, namun kamu bisa mencoba bisnis ini. Daripada hanya melamun dan motor hanya diparkiran, lebih baik kamu coba bisnis ini.

Hanya bermodalkan motor dan niat yang kuat, kamu bisa menghasilkan uang dari sini.

16. Kuliner

Bisnis ini cocok untuk kamu yang menyukai atau terampil di bidang kuliner. Dengan target pelajar atau mahasiswa, kamu bisa menjalani bisnis ini.

Dengan sistem pre order (PO) kamu akan lebih cepat memutar uang dan tidak ada makanan yang mubah apabila tidak laku.

17. Jajanan Ringan atau Snack

Hampir sama dengan bisnis kuliner, untuk jajanan ringan atau snack juga bisa menggunakan sistem pre order (PO). Kamu bisa belanja jajanannya ke toko atau bisa juga membuatnya sendiri.

18. Affiliasi

Bagi kamu yang belum tahu apa itu affiliasi, affiliasi adalah program yang memungkinkan kamu mendapatkan komisi dari penjual produk tertentu.

Jumlah komisi yang didapatkan cukup beragam, mulai dari 5% sampai 70%an. Contohnya adalah affiliasi Niagahoster tempat hosting dan domain memberikan komisi sebesar 70%.

19. Event Organizer

Event organizer menjadi salah satu jenis bisnis yang lumayan menjanjikan. Untuk modal awal cukup lumayan untuk pelajar atau mahasiswa, namun untuk keuntungan yang didapatkan juga lumayan.

Modal awal yang dipersiapkan kurang lebih 5 juta rupiah untuk membayar staf EO yang bertugas pada acara nanti.

Apabila kamu tidak mempunyai modal sama sekali, kamu dapat menawarkan jasa ini untuk beberapa acara sederhana terlebih dahulu misalnya seminar, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Kekurangan bisnis ini untuk pelajar atau mahasiswa adalah tugas kuliah menjadi keteteran dan waktu akan termakan menjalani bisnis ini.

20. Jasa Editing Video

Membuka jasa editing video adalah ide yang cukup bagus. Memanfaatkan keterampilanmu kamu bisa mendapatkan uang dari sini.

Dengan target pasar teman-teman sekolah atau kampus yang tidak bisa ataupun malas mengedit video.

21. Service HP

Ide bisnis modal kecil untuk pelajar yang terakhir adalah membuka jasa servis HP. Jasa ini tidak akan mati selama bumi masih ada.

Target pasarpun masih cukup luas dan hampir semua orang memiliki HP.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit ide bisnis modal kecil untuk pelajar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Apabila ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih.



Advertisements




2 pemikiran pada “Ide Bisnis Modal Kecil Untuk Pelajar”

  1. Hallo kak, terimakasih atas saran-saran untuk berbisnis pada pelajar. Ini sangat membantu saya karena saya akhirnya menemukan solusi yang sekiranya dapat membantu keuangan saya dengan posisi saya yang pelajar 🙂 Saya jadi ada ide untuk memulai les kepada anak-anak SD di sekitar rumah saya. Dan saran untuk melakukan penulis lepas juga sepertinya menarik. Terimakasih atas postingannya kak, sangat membantu.

    Balas
    • Senang rasanya bisa membantu ka. Terimakasih juga ka karena sudah berkenan untuk berkunjung di website Mastah Bisnis.

      Balas

Tinggalkan komentar

X

Advertisements