Mastah Binsis Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Jurnal Umum (General Journal)

14 min read

Jurnal Umum

Dalam akuntansi terdapat beberapa jenis jurnal yaitu, jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penyesuaian, jurnal penutup dan jurnal pembalik. Jurnal adalah catatan pertama untuk mencatat suatu transaksi.

Dengan kata lain jurnal adalah kegiatan pencatatan yang dilakukan sebelum melakukan posting akun ke buku besar. Oleh karena itu jika dalam membuat jurnal terjadi kesalahan, maka akan berakibat pada akun buku besar yang akan salah juga.

Nah dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap tentang jurnal umum. Yuk simak dengan seksama pembahasan nya!!

Pengertian Jurnal Umum

Berdasarkan ke khusus-an fungsinya jurnal hanya dibedakan menjadi 2 macam yaitu jurnal khusus dan jurnal umum.

Jurnal umum (general journal) adalah dokumen atau buku harian atau formulir yang menyediakan berbagai catatan yang lengkap dan permanen dari seluruh transaksi perusahaan yang disusun secara kronologis terjadinya berupa pendebetan dan pengkreditan sebagai referensi di masa yang akan datang.

Pengertian tersebut berlaku jika jurnal umum digunakan tidak bersamaan dengan jurnal khusus.

Apabila pemakaian dari jurnal umum bersamaan dengan pemakaian jurnal khusus, maka jurnal umum adalah suatu tempat yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi yang mempunyai frekuensi rendah dan transaksi yang tidak dapat dicatat di jurnal khusus.

Contoh transaksi yang memiliki frekuensi rendah adalah koreksi kesalahan, penyesuaian akun pada akhir periode, penutupan akun sementara atau nominal, dan pembalikan akun jurnal penyesuaian.

Contoh transaksi yang tidak bisa dicatat di jurnal khusus adalah return penjualan, return pembelian, dan pencatatan beban penyusutan.

 

Tujuan Pembuatan Jurnal Umum

Oke, setelah mengetahui pengertian dari jurnal umum, kamu harus memahami tujuan dari dibuatnya jurnal umum. Berikut merupakan beberapa tujuannya.

  1. Mengidentifikasi-kan berbagai transaksi yang terjadi.
  2. Melakukan suatu penilaian terhadap berbagai transaksi yang terjadi.
  3. Melakukan pencatatan terhadap dampak ekonomi yang diakibatkan dari transaksi yang terjadi dalam perusahaan.
  4. Memudahkan dalam proses pemindahan dampak dari transaksi yang terjadi ke dalam suatu akun atau rekening sesuai dengan transaksi.

 

Fungsi Jurnal Umum

Jurnal umum mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.

1. Fungsi Historis

Dalam membuat jurnal umum, seluruh transaksi yang terjadi dicatat dan juga diurutkan berdasarkan waktu atau tanggal terjadinya transaksi.

Oleh karena itu, jurnal umum dapat memberikan gambaran tentang aktivitas atau kegiatan suatu perusahaan berdasarkan waktu terjadinya.

Dapat dikatakan bahwa jurnal umum mempunyai fungsi historis karena transaksi yang terjadi dicatat ke dalam jurnal umum berdasarkan kronologis nya dan secara sistematis.

2. Fungsi Mencatat

Seluruh transaksi yang terjadi harus dicatat dalam jurnal umum tanpa terkecuali. Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengetahui progress atau perubahan dari setiap akun.

3. Fungsi Analisis

Pencatatan bukti transaksi ini sebagai fungsi analisis. Hal tersebut dikarenakan setiap pencatatan dari bukti transaksi akan dianalisis untuk menentukan nama akun, debet atau kredit, dan besar kecilnya saldo transaksi.

4. Fungsi Instruktif

Jurnal umum ini mempunyai fungsi untuk memberikan suatu perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data atau informasi ke buku besar.

Perintah tersebut adalah untuk mendebet atau mengkredit akun yang bersangkutan sesuai dengan catatan yang ada di dalam jurnal. Dengan kata lain pencatatan yang dilakukan di dalam jurnal umum bukan hanya sekedar dokumen transaksi saja, namun bersifat instruksi.

5. Fungsi Informatif

Dalam fungsi ini, jurnal umum memberikan berbagai informasi yang berhubungan dengan transaksi yang terjadi secara detail, jelas, benar dan apa adanya.

 

Manfaat Jurnal Umum

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika membuat jurnal umum.

  1. Mengetahui apakah akan terjadi pengurangan atau penambahan suatu akun atau rekening.
  2. Mengetahui besarnya jumlah saldo yang akan dicatat pada akun.
  3. Mengetahui keseimbangan jumlah saldo antara sisi debet dan kredit.
  4. Mengetahui apakah suatu akun beserta saldo
  5. nya sudah di-posting ke buku besar atau belum.
Baca Juga: Jurnal Khusus

 

Bentuk Jurnal Umum

 

bentuk jurnal umum

Pada umumnya jurnal umum memakai bentuk jurnal umum dua kolom. Berikut merupakan penjelasan bagian yang ada di dalam jurnal umum:

1. Kolom Tanggal

Kolom ini dipakai untuk mencatat waktu atau tanggal terjadinya transaksi. Dicatat berdasarkan urutan kronologis terjadinya.

2. Kolom Keterangan

Kolom ini dipakai untuk mencatat berbagai ayat – ayat jurnal (akun) transaksi sesuai dengan urutan debet dan kredit dalam masing – masing transaksi. Ayat jurnal yang bersaldo debet harus dicatat terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan ayat jurnal yang bersaldo kredit. Cara penulisan ayat jurnal yang bersaldo kredit ini dilakukan dengan agak mejorok ke kanan atau menjauhi garis batas tanggal.

3. Kolom Referensi

Kolom ini dipakai untuk menandai berbagai ayat jurnal yang sudah di-posting ke buku besar.

4. Kolom Debet

Kolom ini dipakai untuk mencatat jumlah atau saldo ayat jurnal yang bersaldo debet dari suatu transaksi.

5. Kolom Kredit

Kolom ini dipakai untuk mencatat jumlah atau saldo ayat jurnal yang bersaldo kredit dari suatu transaksi.

6. Halaman

Suatu jurnal harus mempunyai halaman jurnal. Halaman jurnal ini digunakan sebagai penanda dalam kolom referensi dalam buku besar.

7. Judul

Suatu dokumen akuntansi haruslah memiliki judul. Judul ini berfungsi untuk menginformasikan nama perusahaan, nama dokumen, dan periode pencatatan yang terjadi di dalam dokumen akuntansi tersebut.

8. Deskripsi Transaksi

Bagian deskripsi ini berfungsi untuk menjelaskan secara singkat transaksi apa yang terjadi pada suatu tanggal tertentu. Deskripsi transaksi ini sifatnya tidak wajib atau bersifat opsional.

 

Cara Membuat Jurnal Umum

Berikut merupakan 2 tahapan dalam penyusunan jurnal umum.

1. Analisis Bukti Transaksi

Sebelum mencatat bukti transaksi ke dalam jurnal umum langkah pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis bukti transaksi. Yaitu dengan maksud:

  • Memeriksa kebenaran dan juga keabsahan informasi yang terkandung di dalam bukti transaksi. Suatu bukti transaksi akan sah jika sudah ditandatangani oleh para pihak yang mempunyai kewenangan atau yang bertanggungjawab.
  • Untuk dapat mengetahui akun atau rekening apa saja yang dapat terpengaruhi oleh transaksi tersebut.
  • Untuk dapat mengetahui apakah suatu transaksi yang terjadi menambah atau mengurangi akun yang bersangkutan.
  • Untuk dapat mengetahui jumlah pengaruh dari transaksi tersebut.
  • Untuk dapat mengetahui pihak mana saja yang berwenang atau bertanggungjawab atas terjadinya transaksi tersebut.

2. Proses Pemindahan Transaksi

Penjurnalan (journalizing) adalah suatu proses pemindahan data atau informasi dari bukti transaksi ke dalam jurnal, termasuk jurnal umum.

Supaya bisa memahami dengan jelas bagaimana pencatatan transaksi ke dalam jurnal, khususnya jurnal umum berikut adalah beberapa caranya.

  • Mencatat tanggal

Tahun jurnal dicatat pada kolom tanggal pada posisi paling atas atau berada di cell pertama kolom tanggal. Tahun hanya ditulis 1 kali saja pada setiap halaman, kecuali apabila sudah ganti halaman atau tahun.

Bulan dicatat pada baris kedua pada kolom tanggal atau berada di bawah tahun. Bulan hanya dicatat 1 kali saja, kecuali apabila sudah berganti halaman atau bulan.

Tanggal dicatat pada baris ke-2 di kolom tanggal pada bagian yang berlajur kecil. Tanggal dicatat berdasarkan terjadinya transaksi.

  • Menulis nama akun debet

Nama akun yang harus didebet akan dicatat di bagian atas nama akun yang bersaldo kredit dan merapat ke sebelah kiri pada garis kolom.

  • Menulis nama akun kredit

Nama akun yang harus dikredit akan dicatat di bagian bawah nama akun yang bersaldo debet dan ditulis dengan menjorok ke kanan atau menjauhi garis kolom.

  • Mencatat saldo akun

Akun atau rekening yang mempunyai saldo debet dicatat di kolom debet, sedangkan untuk akun yang bersaldo kredit akan dicatat pada kolom kredit.

  • Mengisi kolom referensi (ref)

Kolom ini akan diisi dengan nomor akun pada saat akun yang ada di dalam jurnal umum sudah di posting ke dalam buku besar.

 

Contoh Soal dan Analisa-nya

Supaya kamu lebih memahami tentang jurnal umum, maka dalam artikel kali ini akan disajikan contoh soal dari jurnal umum.

Soal

Berikut ini adalah transaksi yang terjadi di perusahaan jasa CV. Mastah Bisnis. Pada periode Agustus 2022.

Tanggal 1 – Tn. Fuad menginvestasikan hartanya ke perusahaan berupa kas sebesar Rp.26.200.000, perlengkapan Rp.2.800.000, dan peralatan Rp.25.000.000.

Tanggal 1 – Membayar sewa gedung untuk 6 bulan sebesar Rp.19.200.000.

Tanggal 2 – Membeli peralatan kantor secara kredit kepada Toko Berkah sebesar Rp.4.000.000.

Tanggal 3 – Menerima uang tunai dari pelanggan sebagai uang muka dari jasi yang diberikan oleh Mastah Bisnis sebesar Rp.10.000.000.

Tanggal 4 – Membayar premi asuransi sebesar Rp.3.600.000.

Tanggal 7 – Membayar iklan sebesar Rp. 240.000.

Tanggal 9 – Membayar hutang kepada Toko Berkah sebesar Rp.2.400.000.

Tanggal 13 – Mencatat penyediaan jasa secara kredit pada periode 1 – 13 Agustus sebesar Rp.4.800.000.

Tanggal 15 – Membayar gaji pegawai untuk setengah bulan pertama Rp.1.500.000.

Tanggal 16 – Menerima uang dari pelanggan atas jasa yang telah diberikan periode 1 – 13 Agustus sebesar Rp.4.800.000.

Tanggal 18 – Mencatat penyediaan jasa secara kredit periode 14 – 18 Agustus sebesar Rp.8.400.000.

Tanggal 20 – Membeli perlengkapan secara tunai sebesar Rp.1.600.000.

Tanggal 23 – Mencatat penerimaan kas dari pelanggan atas tagihan jasa yang sudah diberikan pada periode 1 – 13 Agustus sebesar Rp.3.600.000.

Tanggal 29 – Membayar tagihan telepon secara tunai sebesar Rp.260.000.

Tanggal 30 – Membayar tagihan listrik secara tunai sebesar Rp.150.000.

Tanggal 30 – Membayar gaji pegawai setengah bulan kedua sebesar Rp.1.500.000.

Tanggal 30 – Mencatat penerimaan dari pelanggan atas tagihan jasa yang sudah diberikan pada periode 14 – 18 Agustus sebesar Rp.4.000.000.

Tanggal 30 – Mencatat penyediaan jasa secara kredit pada akhir Agustus sebesar Rp.3.000.000.

Tanggal 30 – Tn. Fuad menarik uang dari perusahaan untuk kepentingan pribadinya sebesar Rp.1.500.000.

Jawaban dan Analisisnya

Berikut merupakan jawaban dan juga analisis dari soal transaksi di atas.

1. Pemilik Melakukan Investasi

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan mempengaruhi akun kas, akun perlengkapan, akun peralatan dan akun modal Tn Fuad. Hal tersebut dikarenakan investasi yang dilakukan oleh Tn Fuad ke dalam perusahaan.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun kas, akun perlengkapan, dan akun peralatan mengalami penambahan akibat dari investasi yang dilakukan oleh Tn Fuad. Akun modal juga mengalami kenaikan akibat setoran yang dilakukan oleh pemilik.
  • Karena akun kas, akun perlengkapan, dan juga akun peralatan semuanya mengalami kenaikan, maka sesuai dengan kaidah pencatatan, akun – akun ini akan didebet. Sedangkan untuk akun modal Tn Fuad yang mengalami kenaikan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus1Kas26.200.000
Perlengkapan2.800.000
Peralatan Kantor25.000.000
       Modal Tn. Fuad54.000.000
(Investasi pemilik dalam bentuk kas,
perlengkapan, dan peralatan kantor)

2. Membayar Sewa Gedung Untuk 6 Bulan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini berpengaruh pada akun sewa dibayar di-muka dan akun kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun sewa dibayar di-muka yang mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan pembayaran terhadap sewa gedung yang dilakukan di-muka atau di-awal. Sementara untuk akun kas mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan melakukan pembayaran sewa gedung.
  • Karena akun sewa dibayar di-muka mengalami kenaikan maka sesuai dengan kaidah pencatatan, maka akun ini akan dicatat pada posisi debet. Sedangkan untuk akun kas menjadi berkurang, sehingga dicatat pada posisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus1Sewa Dibayar Dimuka19.200.000
       Kas19.200.000
(Membayar sewa gedung
untuk 6 bulan secara tunai)

3. Membeli Peralatan Kantor Secara Kredit

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini berpengaruh pada akun peralatan kantor yang termasuk ke dalam kelompok akun aktiva dan berpengaruh pada akun hutang usaha yang termasuk dalam kelompok akun kewajiban lancar.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun peralatan mengalami kenaikan sebagai akibat dari pembelian. Sedangkan untuk akun hutang usaha juga mengalami kenaikan, hal tersebut dikarenakan pembelian yang dilakukan secara kredit atau non tunai.
  • Akun peralatan kantor mengalami kenaikan, maka berada di posisi debet. Dan untuk akun hutang usaha mengalami kenaikan, maka berada di posisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus2Peralatan Kantor4.000.000
       Utang Usaha4.000.000
(Pembelian peralatan kantor
secara kredit)

4. Menerima Uang Muka Jasa yang Dibayarkan Pelanggan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun kas dan akun pendapatan diterima di-muka.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun kas mengalami kenaikan. Dan akun yang termasuk ke dalam kelompok kewajiban yaitu akun pendapatan diterima di-muka ini akan mengalami kenaikan juga.
  • Akun kas mengalami kenaikan, maka akun ini berada di sisi debet. Dan akun pendapatan diterima di-muka dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus3Kas10.000.000
       Pendapatan Diterima Dimuka10.000.000
(Penerimaan secara tunai atas jasa
yang belum diberikan)

5. Pembayaran Premi Asuransi

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun asuransi dibayar di-muka dan kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun asuransi dibayar di-muka mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan asuransi sudah dibayar di-awal atau sebelum digunakan. Sedangkan untuk akun kas akan berkurang, karena digunakan untuk membayar asuransi.
  • Dengan kenaikan akun asuransi dibayar di-muka, maka akun ini akan dicatat di sisi debet. Dan karena akun kas mengalami penurunan, maka akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus4Asuransi Dibayar Dimuka3.600.000
       Kas3.600.000
(Pembayaran premi asuransi
secara tunai)

6. Membayar Beban Iklan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban iklan dan akun kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun beban iklan akan bertambah. Hal tersebut dikarenakan dilakukan pembayaran. Sedangkan untuk akun kas akan mengalami penurunan karena sudah digunakan untuk membayar.
  • Karena beban iklan mengalami kenaikan, maka akun ini dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun kas yang mengalami penurunan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus7Beban Iklan240.000
       Kas240.000
(Pembayaran beban iklan
secara tunai)

7. Pembayaran Hutang

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun hutang usaha dan akun kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun utang usaha mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan terjadi pembayaran tunai atau pelunasan terhadap hutang. Dan akun kas mengalami penurunan pula, karena sudah digunakan untuk membayar hutang.
  • Karena akun hutang usaha mengalami penurunan, maka akan dicatat di sisi debet, dan akun kas yang mengalami penurunan pula akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus9Utang Usaha2.400.000
       Kas2.400.000
(Pembayaran Hutang kepada
Toko Berkah)

8. Mencatat Penyediaan Jasa Secara Kredit

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun piutang usaha dan pendapatan jasa. Hal tersebut sebagai akibat sudah memberikan jasa kepada pelanggan, namun belum menerima pembayaran.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun piutang usaha mengalami kenaikan, dan akun pendapatan jasa juga mengalami kenaikan.
  • Karena ke-2 akun tersebut mengalami kenaikan, maka sesuai dengan kaidah pencatatan akun piutang usaha dicatat di sisi debet dan akun pendapatan jasa dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus13Piutang Usaha4.800.000
       Pendapatan Jasa4.800.000
(Mencatat pemberian jasa
kepada pelanggan yang
belum dibayar)

9. Pembayaran Gaji Karyawan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban gaji dan akun kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun beban gaji mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan terjadi pembayaran beban gaji. Akun kas berkurang, karena sudah digunakan untuk membayar.
  • Dengan adanya kenaikan pada akun beban gaji, maka akun ini akan dicatat di sisi debet. Dan karena terjadi penurunan pada akun kas, maka akun ini akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus15Beban Gaji1.500.000
       Kas1.500.000
(Pembayaran beban gaji
karyawan secara tunai)

10. Penerimaan Pembayaran Hutang Pelanggan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun kas dan akun piutang usaha.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun kas akan meningkat. Hal tersebut karena terjadi penerimaan uang tunai sebagai pelunasan dari piutang usaha. Dengan demikian akun piutang usaha akan berkurang, karena sudah dilunasi oleh pelanggan.
  • Akun kas mengalami kenaikan, maka akun ini akan dicatat di sisi debet. Sedangkan akun piutang usaha berkurang, maka dari itu akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus16Kas4.800.000
       Piutang Usaha4.800.000
(Penerimaan pembayaran hutang
pelanggan)

11. Penyediaan Jasa dengan Penundaan Pembayaran oleh Pelanggan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun piutang usaha sebagai akibat dari pemberian jasa yang dibayar secara kredit. Dan akun pendapatan jasa sebagai akibat sudah menyelesaikan pekerjaan.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun piutang dan akun pendapatan jasa mengalami kenaikan.
  • Dengan adanya kenaikan dari ke-2 akun tersebut, maka sesuai dengan kaidah pencatatan akun piutang usaha dicatat di sisi debet dan pendapatan jasa dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus18Piutang Usaha8.400.000
       Pendapatan Jasa8.400.000
(Penyelesaian pekerjaan pengauditan
dengan penundaan pembayaran)

12. Pembelian Perlengkapan Secara Tunai

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Akun ini akan berpengaruh pada akun perlengkapan dan akun kas sebagai akibat dari pembelian perlengkapan yang dilakukan dengan pembayaran secara tunai.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun perlengkapan mengalami kenaikan dan akun kas mengalami penurunan.
  • Karena akun perlengkapan mengalami kenaikan, maka akun ini akan dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun kas yang mengalami penurunan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus20Perlengkapan1.600.000
       Kas1.600.000
(Pembelian perlengkapan secara
tunai)

13. Penerimaan Pembayaran Hutang Pelanggan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun kas dan akun piutang usaha.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun kas akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan terjadi penerimaan yang berasal dari pelunasan piutang dari pelanggan. Sedangkan untuk akun piutang usaha akan mengalami penurunan.
  • Karena akun kas mengalami kenaikan, maka akan dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun piutang usaha yang mengalami penurunan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus23Kas3.600.000
       Piutang Usaha3.600.000
(Penerimaan pembayaran hutang
pelanggan)

14. Pembayaran Tagihan Telepon

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban telepon dan kas.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun beban telpon akan mengalami kenaikan karena dilakukan pembayaran. Sedangkan untuk akun kas mengalami penurunan, karena digunakan untuk membayar beban telepon.
  • Karena akun beban telepon mengalami kenaikan, maka pencatatan dilakukan di sisi debet. Sedangkan untuk akun kas yang mengalami penurunan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus29Beban Telepon260.000
       Kas260.000
(Pembayaran tagihan telepon
secara tunai)

15. Pembayaran Tagihan Listrik

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban listrik sebagai akibat dari tagihan listrik yang dibebankan, dan akun kas sebagai akibat dari tagihan listrik yang dibayarkan secara tunai.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun beban listrik mengalami kenaikan dan akun kas mengalami penurunan.
  • Karena akun beban listrik mengalami kenaikan, maka dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun kas yang mengalami penurunan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus30Beban Listrik150.000
       Kas150.000
(Pembayaran tagihan listrik
secara tunai)

16. Pembayaran Gaji Karyawan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban gaji dank as.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun beban gaji mengalami kenaikan, yang diakibatkan perusahaan membayar gaji pegawainya. Dan akun kas mengalami penurunan, karena perusahaan membayar gaji karyawan secara tunai.
  • Karena akun beban gaji mengalami kenaikan, maka akan dicatat di sisi debet dan akun kas yang mengalami penurunan akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus30Beban Gaji1.500.000
       Kas1.500.000
(Pembayaran gaji karyawan
secara tunai)

17. Penerimaan Pembayaran Hutang Pelanggan

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun kas dan juga akun piutang usaha.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun kas mengalami kenaikan dan akun piutang usaha mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan terjadi penerimaan uang yang berasal dari pelunasan piutang oleh pelanggan.
  • Karena akun kas mengalami kenaikan, maka dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun piutang usaha yang berkurang akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus30Kas4.000.000
       Piutang Usaha4.000.000
(Penerimaan pembayaran hutang
pelanggan)

18. Penyediaan Jasa Secara Kredit

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun piutang usaha dan pendapatan jasa.
  • Pengaruh transaksi-nya adalah akun piutang usaha mengalami kenaikan dan akun pendapatan jasa mengalami penurunan.
  • Karena akun piutang usaha mengalami kenaikan, maka sesuai dengan kaidah pencatatan akan dicatat di sisi debet. Sedangkan untuk akun pendapatan jasa yang mengalami kenaikan juga akan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus30Piutang Usaha3.000.000
       Pendapatan Jasa3.000.000
(Pemberian jasa pengauditan
kepada pelanggan secara kredit)

19. Penarikan Untuk Keperluan Pribadi Pemilik

Analisis atas transaksi ini adalah sebagai berikut.

  • Transaksi ini akan berpengaruh pada akun prive Tn Fuad dan akun kas.
  • Pengaruh transaksi adalah akun prive Tn Fuad akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan ada penarikan dengan tujuan untuk kepentingan pemilik perusahaan. Sedangkan untuk akun kas akan mengalami penurunan, karena penarikan tersebut berupa uang tunai.
  • Karena prive Tn Fuad mengalami kenaikan, maka pencatatan di sisi debet. Sedangkan untuk akun kas yang mengalami penurunan dicatat di sisi kredit.

Dengan begitu ayat – ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

CV. Mastah Bisnis
Jurnal Umum
Periode Agustus 2022
TanggalKeteranganRefDebet (Rp)Kredit (Rp)
2022
Agustus30Prive, Tn Fuad1.500.000
       Kas1.500.000
(Penarikan kas untuk kepentingan
pribadi pemilik)

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang jurnal umum (general journal). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan kamu. Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Avatar for Mastah Binsis
Mastah Binsis Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Akuntansi (Accounting)

Avatar for Mastah Binsis Mastah Binsis
15 min read

Jurnal Khusus

Avatar for Mastah Binsis Mastah Binsis
10 min read

One Reply to “Jurnal Umum (General Journal)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *