17 Manfaat atau Keuntungan Investasi Saham

Yang menjadi alasan utama mengapa banyak investor melakukan investasi pada instrumen saham adalah profit, terlebih apabila investasi jangka panjang. Memang bentul bahwa tidak sedikit manfaat atau keuntungan investasi saham yang bisa kita dapatkan.

Perlu kamu ketahui bahwa pada saat ini saham adalah salah satu instrumen investasi yang mulai populer.

Hal tersebut dikarenakan semakin terbukanya kesadaran masyarakat bahwa menabung di bank tidak mampu mendatangkan nilai lebih.

Kesadaran tersebutlah yang menjadi pemicu mulai berpindah nya gaya dalam pengelolaan keuangan dari saving society ke investment society.

Bagi kamu yang akan melakukan investasi pada instrumen saham, perlu nih mengetahui beberapa manfaat atau keuntungan investasi saham yang bisa kamu dapatkan.

Oke langsung saja simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

1. Pasif Income Dividen

manfaat atau keuntungan investasi saham pasif income dividen

Jika kamu melakukan investasi saham, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa dividen.

Dividen adalah suatu pembagian laba yang perusahaan dapatkan selama suatu periode tertentu kepada para pemegang saham.

Pada umumnya dividen ini ada 5 jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Dividen tunai
  • Dividen saham
  • Dividen skrip
  • Dividen properti atau barang
  • Dan dividen likuidasi.

Akan tetapi, biasanya suatu perusahaan paling sering membagikan dividen tunai maupun dividen saham.

Suatu perusahaan biasanya akan membagikan dividen kepada para pemegang saham sebanyak 1 sampai dengan 2 kali dalam satu tahun.

Hal tersebut tergantung dari hasil RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Dalam hal ini pula kamu dapat menemukan beberapa perusahaan yang tidak membagikan dividen dalam waktu satu tahun tersebut.

Hal tersebut bisa saja terjadi, apabila perusahaan yang sahamnya kamu beli tersebut sedang mengalami kesulitan keuangan atau membutuhkan lebih banyak dana untuk melakukan ekspansi.

Besaran nominal dividen yang akan kamu terima ini tergantung dari berapa jumlah saham yang kamu miliki dan seberapa besar keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Semakin banyak jumlah saham yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula dividen yang akan kamu terima.

Sebagai ilustrasi, Rama mempunyai 100.000 lembar saham atau 1000 lot saham PT Maju Jaya Tbk, dan pada tahun ini PT Maju Jaya Tbk memberikan pengumuman akan membagikan saham senilai Rp. 250 per lembar.

Dengan jumlah 1000 lot atau 100.000 lembar saham yang dimiliki Rama tersebut, maka dividen yang akan diperoleh Rama pada tahun ini adalah sebesar Rp. 25.000.000.

Kemudian dipotong pajak sebesar 10% (pasal 4 ayat 2), sehingga dividen tunai yang diterima oleh Rama adalah sebesar Rp. 22.500.000.

Bayangkan jika Rama mempunyai lebih dari 100.000 lembar saham, maka dividen yang akan diterima tentunya lebih besar lagi.

Terlebih lagi

Dengan demikian, apabila kamu tertarik untuk melakukan investasi saham dalam jangka waktu panjang, maka dividen merupakan salah satu manfaat atau

2. Capital Gain

Seperti yang sudah diketahui bahwa harga saham itu mengalami kenaikan dan juga penurunan setiap hari bursa.

Hal tersebut tentu saja bisa memungkinkan para investor untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek dalam melakukan investasi saham, yaitu dengan membeli saham pada harga rendah dan menjual pada harga tinggi.

Keuntungan yang timbul dari selisih antara harga jual dengan harga beli tersebutlah yang disebut dengan capital gain atau keuntungan modal.

Sebagai ilustrasi, pada tahun 2023 Rama membeli 100.000 lembar saham PT Maju Jaya Tbk dengan total harga Rp. 100.000.000 pada saat harga per lembar nya adalah Rp. 1000.

Pada tahun 2033 harga saham PT Maju Jaya Tbk ini mengalami kenaikan hingga Rp. 20.000 per lembar nya.

Apabila Rama memutuskan untuk menjual seluruh sahamnya pada tahun 2033, maka Rama akan mendapatkan Rp. 2.000.000.0000 (Rp. 20.000 x 100.000 lembar).

Hal tersebut berarti bahwa dalam waktu 10 tahun Rama mendapatkan capital gain dari saham PT Maju Jaya Tbk sebesar Rp. 1.900.000.000 (Rp. 2.000.000.000 – Rp. 100.000.000).

3. Hak Ikut RUPS

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang ke-3 adalah kamu mempunyai hak untuk mengikuti RUPS atau rapat Umum Pemegang Saham.

Dengan mempunyai saham berarti kamu menjadi bagian atau pemilik dari sebuah perusahaan yang dimana kamu mempunyai hak untuk mengikuti RUPS.

Bisanya dalam RUPS ini kamu akan mengetahui beberapa hal misalnya seperti.

  • Rencana perusahaan di masa depan.
  • Besaran pembagian dividen.
  • Informasi mengenai laporan tahunan atau laporan keuangan perusahaan.
  • Dan lain sebagainya.

4. Fleksibel

Perlu kamu ketahui bahwa berinvestasi pada instrumen saham ini merupakan suatu kegiatan yang sangat fleksibel.

Hal tersebut dikarenakan kamu bisa melakukannya tanpa harus mengorbankan waktu dan juga pekerjaan utama kamu.

Terlebih lagi pada saat sekarang ini dengan semakin maju nya teknologi, dapat memungkinkan kamu untuk melakukan pemantauan di mana saja dan kapan saja dengan melalui PC atau smartphone.

Dengan demikian, kamu akan tetap bisa melaksanakan kegiatan atau pekerjaan utama kamu sekaligus bisa menghasilkan uang dari investasi yang kamu lakukan.

Selain itu kamu juga bisa dengan mudah melakukan penjualan dan juga pembelian saham kapan saja sesuai dengan keinginan kamu tanpa harus terkait dengan jangka waktu tertentu.

5. Pajak Relatif Kecil

manfaat atau keuntungan investasi saham pajak relatif kecil

Apabila dibandingkan dengan instrumen investasi yang lainnya, investasi saham ini bisa dibilang mempunyai persentase yang relatif kecil.

Perlu kamu ketahui bahwa pajak dari penjualan saham portofolio ini dikenakan hanya sebesar 0,1% dari nilai transaksi.

Selain itu, yang lebih menariknya adalah pajak yang dikenakan pada penjualan saham ini adalah jenis pajak final.

Dengan demikian, kamu tidak perlu repot – repot melakukan pembayaran pada saat pelaporan SPT setiap tahunnya.

Hal tersebut dikarenakan pajak tersebut sudah secara otomatis dipotong oleh perusahaan sekuritas/pialang saham (broker) pada saat pelunasan transaksi saham.

6. Aman dan Transparan

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang selanjutnya adalah aman dan juga transparan.

Perlu kamu ketahui bahwa investasi saham ini merupakan salah satu jenis investasi yang bisa dibilang aman dan sangat transparan.

Hal tersebut dikarenakan seluruh kegiatan penjualan dan juga pembelian hanya dilakukan dalam satu ruang lingkup saja, yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI).

Artinya, seluruh transaksi yang terjadi di Bursa Efek sudah terjamin keamanan dan juga transparansinya.

Untuk lebih memahami kegitan jual beli saham di Bursa Efek, kamu bisa membaca artikel tentang mekanisme perdagangan saham.

Dengan demikian, kamu sebagai seorang investor tidak perlu merasa khawatir lagi kehilangan modal.

Yang lebih hebatnya lagi jika perusahaan sekuritas yang sebagai tempat perantara kamu dalam melakukan transaksi jual beli saham bangkrut, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan dana dan juga saham yang kamu miliki.

Hal tersebut dikarenakan sudah ada lembaga penjaminnya yaitu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Jadi kamu jangan ragu lagi untuk melakukan investasi saham, karena saham ini sangat menguntungkan bahkan laju pertumbuhannya mampu melebihi laju inflasi.

7. Kesejahteraan Finansial

Manfaat dan keuntungan investasi saham yang ke-7 adalah dapat memberikan kesejahteraan finansial atau keuangan bagi kamu.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa profit dari investasi saham ini mampu melebihi laju inflasi.

Kamu tau Warren Buffet?

Dia merupakan salah satu tokoh dan seorang investor yang terkenal di dunia, mampu menjadi salah satu orang yang paling kaya di dunia karena melakukan investasi pada instrumen saham.

Kemudian kamu tau Lo Kheng Hong?

Lo Kheng Hong merupakan seorang investor sukses berkebangsaan Indonesia yang dijuluki sebagai Warren Buffet nya Indonesia.

Baru – baru ini Lo Kheng Hong mendapatkan cuan atau profit hingga puluhan miliar dari transaksi saham BMTR (PT Global Mediacom Tbk).

Dan tentu saja masih banyak orang yang ada di luar sana yang berhasil dan bisa kaya raya karena mendapatkan keuntungan investasi saham.

8. Belajar Mengendalikan Emosi

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang selanjutnya adalah kamu bisa belajar untuk mengendalikan emosi.

Tentu saja dalam melakukan investasi saham ini dapat mengajarkan kamu untuk bisa mengendalikan diri atau emosi.

Misalnya, pada saat harga saham sedang mengalami penurunan, kamu sebagai investor semestinya mengontrol atau menahan emosi supaya tidak tergesa – gesa melakukan penjualan saham tanpa adanya perhitungan matang.

Dalam hal ini kamu perlu ingat bahwa suatu keputusan yang kamu ambil dalam keadaan emosi yang tidak stabil, maka kamu tidak akan bisa mengambil keputusan dengan benar atau tepat.

Hal tersebut karena emosi yang tidak stabil ini mampu melumpuhkan kejernihan dalam berfikir.

Untuk bisa menghasilkan keputusan yang baik, benar, atau tepat, maka kamu harus bisa mengontrol diri atau emosi agar tetap stabil.

Dengan emosi yang stabil kamu akan bisa menghasilkan keputusan yang terbaik, sehingga peluang mendapatkan profit dalam investasi saham pun semakin besar.

9. Belajar Menghargai Proses

Pada saat membicarakan mengenai investasi saham, kita tidak selalu membicarakan mengenai untung dan rugi saja.

Melainkan, terdapat suatu proses yang sangat berharga yang dapat kamu rasakan sebagai seorang investor dalam melakukan investasi saham.

Hal tersebut tentu saja mampu memberikan suatu pembelajaran yang sangat penting tentang menghargai suatu proses, terutama yang berkaitan dengan kesabaran dan penantian.

Pada saat harga saham sedang dalam keadaan berfluktuasi (kadang naik kadang turun), maka kamu akan bisa mempelajari tentang kesabaran untuk bisa mendapatkan sesuatu yang kamu harapkan.

10. Belajar Manajemen Uang

Belajar Manajemen Uang

Jika kamu masih pemula dalam investasi intrumen saham dan kamu masih belajar, maka kamu sangat membutuhkan kemampuan dalam manajemen uang.

Selain untuk kepentingan dalam melakukan investasi dan untuk memilih saham prioritas yang dianggap menguntungkan, kemampuan manajemen uang juga bisa dipakai untuk membatasi gaya hidup boros.

Pada saat sekarang ini banyak orang yang tergoda dengan gaya hidup yang ada di sosial media yang cenderung boros, seperti liburan mewah sampai dengan berbagai barang yang sebetulnya belum terlalu dibutuhkan.

Dengan kamu melakukan investasi saham, maka kamu akan bisa belajar manajemen uang untuk bisa memenuhi modal untuk melakukan investasi dan membatasi gaya hidup boros.

Apabila kamu sudah mampu melakukan manajemen uang, maka kamu akan dengan mudah bisa mengatur portofolio investasi yang kamu miliki secara mandiri.

11. Akses Mudah

Pada saat sekarang ini dengan semakin berkembangnya teknologi membuat segala sesuatu terasa begitu mudah, termasuk pada saat kamu melakukan investasi saham.

Pada saat sekarang ini bisa dibilang kamu dipermudah dalam mengakses dan juga menganalisis pasar saham yang sedang terjadi.

Kamu bisa melakukan transaksi jual beli saham dimana saja dan kapan saja selama ada internet dan juga selama jam bursa.

Hal tersebut dikarenakan pada saat ini kebanyakan perusahaan sekuritas sudah menyediakan fasilitas berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi saham sampai dengan analisa untuk memilih saham terbaik.

Akses yang sangat mudahnya dan dengan banyak sekali kemudahan yang ada, maka investasi saham ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin ribet dan bagi kamu yang sibuk.

12. Pengembalian Lebih Tinggi

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Angel Broking salah satu perusahaan pialang yang ada di India bahwa jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti obligasi dan deposito, investasi saham ini lebih menguntungkan.

Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya tujuan utama dari investasi yaitu untuk memastikan bahwa setiap orang mampu memenuhi tujuan keuangannya di masa yang akan datang.

Dengan adanya kenaikan inflasi yang terjadi, maka kamu tidak akan cukup hanya mendapatkan uang dan kemudian menyimpannya saja, seperti di dalam tabungan, giro, tabungan berjangka, atau deposito.

Beberapa instrumen menyimpan uang tersebut hanya memberikan imbal hasil yang bisa dibilang cukup sedikit yaitu sekitar 6% – 7% saja.

Agar bisa memenuhi atau menyamai bahkan melebihi laju kenaikan inflasi, maka investasi saham ini perlu untuk kamu lakukan.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Perlu kamu ketahui juga dalam kurun waktu 10 tahun dari 10 Juni 2009 hingga 10 Juni 2019, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) yaitu indeks saham acuan di Indonesia memperlihatkan kenaikan mencapai 198,3%.

Dan apabila dibandingkan dengan bursa saham yang ada di negara negara Asia lainnya dalam kurun waktu 10 tahun tersebut, bursa saham Indonesia mampu memberikan imbal hasil yang jauh lebih menggiurkan.

Jika kamu belum mengetaui apa itu IHSG, kamu bisa mempelajarinya dalam artikel indeks harga saham.

13. Mempunyai Wawasan Luas dan Terbuka

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang ke-13 adalah kamu akan mempunyai wawasan yang luas dan terbuka.

Jika kamu melakukan investasi saham, kamu dituntut untuk mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas dan juga terbuka.

Kenapa?

Hal tersebut dikarenakan kamu perlu sensitif akan berbagai informasi yang mampu mempengaruhi pergerakan harga saham.

Misalnya, kamu membeli saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang sektor usahanya adalah perdagangan emas.

Dalam hal ini kamu perlu mengetahui perkembangan harga emas dunia, karena harga emas dunia mampu mempengaruhi harga saham PT Aneka Tambang.

Bukan hanya itu saja, kamu juga mengetahui berbagai informasi yang kemungkinan dapat menjadi pemicu pergerakan harga saham seperti politik, kebijakan pemerintah, berbagai isu, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengetahui berbagai hal tersebut dengan banyak membaca dari berbagai sumber berita.

Sadar atau tidak secara psikologis, kamu ingin mengetahui berita terbaru untuk melakukan analisa, terutama yang berkaitan dengan industri dari perusahaan yang sahamnya kamu beli.

14. Dapat Dijadikan Warisan atau Dana Pensiun

Dapat Dijadikan Warisan atau Dana Pensiun

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang ke-14 adalah bisa dijadikan sebagi warisan atau dana pensiun.

Apakah kamu tahu jika investasi dalam instrumen saham bisa diwariskan seperti uang, rumah, emas atau properti?

Hal tersebut sudah terbukti yaitu ketika Steve Jobs yang merupakan pendiri Appel meninggal dunia.

Isterinya yaitu Laurene Powell Jobs menjadi perempuan yang paling kaya karena memperoleh warisan dalam bentuk saham Appel sebesar $ 560.000.000.

Hal tersebut juga berlaku di Indonesia dengan adanya peraturan perundang – undangan yang melatarbelakanginya yaitu UU No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal yaitu pasal 87 dan 88.

Kemudian bagaimana investasi saham bisa menjadi dana pensiun bagi kamu?

Kamu tentunya sudah mengetahui kan jika saham yang kamu simpan dalam jangka panjang akan mampu menghasilkan capital gain yang bisa dibilang banyak.

Tentu saja ketika tua nanti, hal tersebut sangat berguna untuk kamu jika dibandingkan hanya sekedar menabung dan akan terlibas oleh laju inflasi.

15. Dapat Dijadikan Mahar Perkawinan

Kamu engga percaya kalo saham ini bisa dijadikan sebagai mahar perkawinan?

Nih, contoh nyatanya adalah dari pasangan RM Zaga Raditya Kusumaprabu dan Bellawati Dityasari yang mengikat janji suci dengan bermaharkan 2.300 lembar saham.

Memang betul, saham dijadikan sebagai mahar ini masih jarang dilakukan orang. Akan tetapi, dalam hal ini kamu dapat menjadikannya sebagai pertimbangan yang menarik, bagi kamu yang ingin menikah.

Tentu saja, mahar pernikahan berupa saham ini sangat bermanfaat untuk jangka panjang.

Sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang, saham ini akan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan berjalannya waktu.

Dari beberapa manfaat atau keuntungan investasi saham yang sudah dijelaskan tadi, tidak hanya bisa membuat kamu kaya saja, melainkan bisa membuat kamu lebih berkembang baik secara mental, pola pikir, atau psikologis.

16. Lebih Likuid

Likuiditas ini berarti bahwa seberapa mudah kamu dalam mencairkan modal yang ada di dalam instrumen saham.

Misalnya, kamu melakukan investasi saham perusahaan X, dan seluruh dana kamu ada di saham tersebut.

Suatu ketika kamu membutuhkan dana untuk keperluan kuliah anak. Nah dalam hal ini kamu bisa menjual saham dan kemudian melakukan pengambilan uang (withdraw).

Proses dana kamu bisa cair ini hanya membutuhkan waktu 3 hari saja. Misalkan kamu menjual saham dan kemudian membuat permintaan pengambilan uang pada tanggal 7 Januari, maka uang akan bisa cair pada tanggal 11 Januari.

Tentu saja hal tersebut lebih likuid jika dibandingkan dengan tabungan rencana atau deposito yang dimana kamu harus menunggu dalam jangka waktu tertentu untuk bisa mengambil dana yang kamu miliki.

17. Compound Interest

Manfaat atau keuntungan investasi saham yang terakhir adalah compound interest.

Compound interest atau efek bunga berbunga ini merupakan salah satu keuntungan yang dapat kamu peroleh dalam jangka waktu panjang.

Keuntungan tersebut dapat kamu peroleh dengan cara menginvestasikan lagi dividen tunai yang kamu dapatkan.

Misalnya, kamu pada tahun ini baru saja memperoleh dividen dari PT Y sebesar Rp. 1.000.000.

Nah, daripada uang dividen tersebut kamu pakai untuk berbagai hal yang tidak berguna atau konsumtif, alangkah lebih baiknya jika kamu menginvestasikan kembali untuk membeli saham PT Y.

Hal tersebut dilakukan dengan harapan, di masa yang akan datang kamu bisa mendapatkan dividen dengan jumlah yang lebih banyak.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang manfaat atau keuntungan investasi saham. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar