Mastah Binsis Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Laporan Laba Rugi (Income Statement)

3 min read

Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan laba rugi (income statement) adalah laporan keuangan yang melaporkan tentang kegiatan operasional suatu perusahaan dengan memperhitungkan pendapatan dan beban – beban selama satu periode yang selanjutnya bisa ditentukan laba atau rugi.

Laporan ini berisikan informasi tentang sumber dari mana penghasilan perusahaan diperoleh dan beban – beban apa saja yang menjadi tanggungan perusahaan dalam periode yang bersangkutan.

Laporan ini juga berfungsi untuk menunjukan profitabilitas kepada investor dan kreditor yang mempunyai kepentingan kepada perusahaan, serta mengetahui seberapa efisien perusahaan dalam mencapai laba yang ditargetkan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang income statement mari simak pembahasan berikut.

Pengertian Laporan Laba Rugi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu laporan laba rugi berikut merupakan kutipan dari pendapat para ahli.

Najmudin (2011:71)

“Laporan laba rugi adalah membandingkan pendapatan terhadap beban pengeluarannya untuk menentukan laba atau rugi bersih. Laporan ini memberikan informasi mengenai hasil akhir perusahaan selama periode tertentu.”

Kasmir (2010:67)

“Laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukan keadaan peursahaan dalam suatu periode tertentu. Artinya laporan ini harus dibuat dalam suatu siklus operasi atau periode tertentu untuk mengetahui jumlah pendapatan dan biaya yang sudah dikeluarkan. Oleh karena itu bisa diketahui, perusahaan dalam keadaan laba atau rugi.”

Suad Husnan (2006:60)

“Laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukan laba atau rugi bersih yang diperoleh perusahaan dalam periode waktu tertentu, misalnya 1 tahun. Laba (atau rugi) = penghasilan dari penjualan – biaya dan ongkos.”

Brealey Myers Marcus (2008:72)

“Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang memperlihatkan pendapatan, beban, dan laba bersih perusahaan sepanjang suatu periode waktu.”

Van Horne dan Wachowicz (2005:193)

“Laporan laba rugi adalah ringkasan pendapatan serta biaya pada suatu perusahaan selama periode tertentu, diakhiri dengan laba serta kerugian bersih pada periode tersebut.”

 

Unsur Laporan Laba Rugi

Dalam menyusun income statement terdapat 4 komponen yang harus dipahami dengan jelas, yaitu sebagai berikut.

Pendapatan (Revenue)

Pendapatan adalah penerimaan atau sejumlah uang yang timbul dari pelaksanaan aktivitas perusahaan. Pendapatan adalah istilah yang berkaitan dengan keuangan pada keseluruhan hasil usaha pokok yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Sumber pendapatan suatu perusahaan dapat digolongkan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

  1. Dari kegiatan pokok, adalah dari kegiatan yang utama dilakukan oleh perusahaan. Misalnya seperti kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang dagangan. Pendapatan yang berkaitan langsung dengan kegiatan utama perusahaan, disebut dengan pendapatan usaha (operating revenuse). Dengan bergitu pendapatan utama perusahaan dagang adalah hasil penjualan barang dagangan.
  2. Dari kegiatan diluar usaha pokok, adalah dari kegiatan yang bersifat sampingan atau terjadinya dalam waktu tertentu. Misalnya seperti suatu perusahaan bengkel selain menjual jasa bengkel, mereka juga menyewakan kendaraan. Dengan begitu pendapatan yang diperoleh dari kegiatan menyewakan kendaraan, bukan tujuan utama dan tidak berhubungan langsung dengan kegiatan utama yang dilakukan bengkel. Pendapatan ini disebut dengan pendapatan diluar usaha (non operating revenues).

Beban (Expenses)

Beban adalah pengorbanan yang muncul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan. beban yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

  1. Beban yang berhubungan langsung dengan kegiatan usaha pokok atau yang terjadi sehubungan dengan usaha memperoleh pendapatan. Beban yang berkaitan langsung dengan kegiatan usaha pokok, disebut dengan beban usaha (operating expenses). Misalnya seprti dalam usaha dagang terdiri dari harga pokok penjualan, beban gaji, beban angkut, dan lainnya.
  2. Beban yang tidak berhubungan dengan kegiatan usaha pokok (non operating expenses). Misalnya seperti beban bunga, beban penyusutan aktiva tetap, beban pajak, dan lain sebagainya.

Penghasilan (Income) / Laba Bersih

Penghasilan adalah istilah yang berhubungan dengan jumlah uang yang diperoleh dari hasil penjualan (kegiatan pokok) dalam jangka waktu tertentu yang sudah dikurangi dengan harga pokok pejualan, beban dan biaya lainnya.

Bisa dikatakan jika penghasilan lebih menitik beratakn pada pendapatan bersih atau laba bersih. Penghasilan atau laba ini terjadi jika pendapatan lebih besar dari beban atau biaya yang terjadi.

Rugi

Rugi terjadi apabila pendapatan lebih kecil dibandingkan dengan semua beban yang terjadi.

Baca Juga: Laporan Perubahan Modal

 

Dasar Penyusunan

Laporan laba rugi dapat disusun dengan memakai 2 dasar pengakuan, yaitu sebagai berikut.

Cash Basis

Cash basis adalah suatu sistem yang mengakui pendapatan pada saat uang tunai diterima dan mengakui beban pada saat uang tunai dikeluarkan. Laba rugi atas dasar cash basis ini pada umumnya disebut dengan surplus atau deficit kas.

Metode ini sangat cocok dipakai untuk perusahaan dengan skala kecil karena metode ini kurang tepat untuk mengakui laba atau rugi pada suatu periode tertentu.

Accrual Basis

Accrual basis adalah suatu sistem yang mengakui pendapatan pada saat terjadinya transaksi, meskipun sudah atau belum menerima uang tunai dan mengakui beban ketika terjadinya transaksi meskipun sudah atau belum mengeluarkan uang.

Metode ini sangat cocok dipakai untuk perusahaan yang melakukan transaksi secara kredit. Hal ini karena income statement akan mencerminkan kondisi yang sebenarnya selama satu periode tertentu.

 

Tujuan dan Fungsi Laporan Laba Rugi

Penyusunan income statement tentunya mempunyai fungsi dan tujuan tertentu. Hal tersebut dikarenakan laporan ini dibutuhkan oleh pihak – pihak tertentu. Berikut merupakan beberapa fungsi dan tujuannya.

  1. Memberikan informasi tentang kondisi perusahaan, apakah perusahaan dalam kondisi laba atau rugi pada setiap periode akuntansi.
  2. Sebagai bahan reverensi untuk mengevaluasi kinerja dari pihak manajemen perusahaan, dan untuk menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.
  3. Sumber informasi tentang tingkat keberhasilan perusahaan dalam mencapai target yang sudah ditentukan.
  4. Sebagai acuan bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnis jika ingin mengingkatkan perolehan laba.
  5. Sebagai bahan analisis startegi perusahaan untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan dari strategi bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya.
  6. Sebagai cerminan profil suatu entitas bisnis bagi calon kreditur atau investor yang akan bertransaksi dengan perusahaan tersebut.
  7. Memberikan informasi berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan.

 

Bentuk dan Contoh Laporan Laba Rugi

Income statement dapat disajikan ke dalam beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut:

Bentuk Single Step

Dalam bentuk ini pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha disusun dalam satu kelompok. Begitu juga dengan beban usaha dan beban di luar usaha pokok. Laba atau rugi bersih dihitung dengan menggunkan cara yaitu mengurangi total pendapatan dan total beban.

Berikut merupakan contoh laporan laba rugi bentuk single step.

contoh income statement single step perusahaan jasa

contoh laporan laba rugi single step perusahaan dagang

Bentuk Multiple Step

Dalam bentuk ini, baik pendapatan atau beban, dipisah secara rinci antara pendapatan dan beban usaha dengan pendapatan dan beban di luar usaha pokok.

Berikut merupakan contoh laporan laba rugi bentuk multiple step.

contoh income statement multiple step perusahaan jasa

contoh laporan laba rugi multiple step perusahaan dagang

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai laporan laba rugi / income statement. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Avatar for Mastah Binsis
Mastah Binsis Kami seorang Muslim dan seorang Pemimpi. Kami berprinsip bahwa ketika kami melakukan hal yang TERBAIK dengan DOA, maka yang BAIK akan TERCAPAI dengan SEMPURNA. ( Fuad & Nanda )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *