Pentingnya Asuransi Kesehatan

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, maka ada banyak risiko kesehatan yang dihadapi. Mulai dari obesitas, rutinitas pasif, sampai dengan stres bisa mengancam kesehatan manusia.

Semua hal tersebut membuat banyak orang yang bertanya – tanya seberapa penting asuransi kesehatan itu. Untuk informasi lanjut, berikut ulasan detailnya!

1.  Perlindungan Lebih Menyeluruh

Pentingnya asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk proteksi diri di masa depan. Dengan membeli asuransi sedini mungkin, Anda bisa menikmati fasilitas yang menyeluruh serta lengkap untuk perlindungan diri.

Misalnya saja nasabah A membeli asuransi pada umur 20 an, maka akan mudah mendapatkan untuk perlindungan kesehatan terhadap berbagai penyakit.

Hal ini dikarenakan risiko yang terjadi terkena penyakit pada usia tersebut akan lebih rendah. Berbanding terbalik dengan nasabah yang baru saja membeli asuransi di usianya yang sudah separuh abad atau pada usia 50 tahun. Pemeriksaan kesehatan sebelum menjadi pemegang polis akan lebih rumit untuk mengurusnya.

Produk asuransi kesehatan umumnya akan memiliki masa tunggu dengan periode waktu tertentu. Ini harus dilewati sampai dengan manfaat yang digunakan atau klaim santunan bisa dicairkan.

Untuk lamanya masa tunggu ini akan berlaku sesuai aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan setiap perusahaan asuransi. Rata rata waktu ini yaitu 30 sampai 90 hari sejak tanggal aktif.

Dapat diartikan jika polis asuransi tidak bisa langsung digunakan dengan sesegera mungkin.  Apalagi setelah pembelian, sebab nasabah harus menunggu terlebih dulu.

Pentingnya asuransi kesehatan yang sudah dimiliki sejak dini serta kondisi yang sehat, maka pemegang polis sudah bisa langsung menggunakan manfaat premi seoptimal mungkin jika terjadi masalah di kemudian hari.

Penting bagi Anda mengetahui risiko apa saja yang bisa diasuransikan

 

2.  Premi Lebih Murah

Selain mendapat keuntungan dari segi perlindungan yang menyeluruh, memiliki asuransi kesehatan sejak dini akan memiliki premi yang lebih murah.

Pasalnya, tingkat risiko terjadinya hal buruk bisa dikatakan relatif lebih rendah pada usia mudah. Untuk itu, perhitungan premi yang akan Anda dapatkan juga cukup murah.

Hal ini berlaku pada semua jenis asuransi, termasuk asuransi jiwa maupun kesehatan yang Anda pilih. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menunda dalam membeli polis asuransi kesehatan.

Sebab, Anda akan dapat menikmati premi yang jauh lebih murah serta manfaatnya yang lebih baik. Klaim penggantian biaya kesehatan bisa lebih baik dari nilai premi.

 

3.  Kemudahan dalam Mencari Perusahaan Asuransi

Memiliki usia yang cukup muda akan memberikan Anda keuntungan tersendiri dalam pemilihan produk asuransi. Anda bisa dengan bebas dalam memilih mana perusahaan asuransi terbaik.

Selain itu, Anda bisa menjadi leluasa untuk menentukan produk asuransi yang fleksibel, pelayanan sesuai ekspektasi, dan perlindungan menyeluruh.

Pentingnya asuransi kesehatan sejak dini yaitu bisa memberikan manfaat untuk memilih dari berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan lebih mudah.

Bandingkan jika Anda membeli produk asuransi kesehatan di usia senja. Hal ini membuat potensi untuk ditolak menjadi nasabah semakin tinggi. Selain itu, premi yang ditawarkan kurang bersaing hingga perlindungan selektif.

 

4.  No-Claim Bonus

No-claim bonus merupakan istilah yang bisa berikan oleh sebuah perusahaan asuransi kepada nasabahnya karena memiliki catatan yang tak pernah mengajukan klaim.

Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan pada usia dini dan jarang melakukan klaim, maka kemungkinan bonus pengembalian bisa dibayarkan oleh perusahaan asuransi yang dipilih.

 

5.  Pre Existing Condition

Istilah pre-existing condition merupakan kondisi dari seseorang telah pernah punya riwayat penyakit atau diagnosa penyakit tertentu saat mendaftar asuransi.

Jika hal tersebut terjadi, maka umumnya perusahaan asuransi bisa menerima Anda sebagai nasabah dengan ketentuan yang terikat dan persyaratan tertentu.

Sebagai contoh jika Anda pernah mengalami penyakit lambung dan telah dinyatakan sembuh, maka kemungkinan perusahaan asuransi akan mengenakan masa tunggu dengan jangka yang lebih lama daripada biasanya.

Selain itu, mungkin saja perusahaan asuransi akan menolak untuk membayar klaim dengan masalah penyakit yang berkaitan dengan lambung.

Namun, apabila Anda terlebih dahulu dalam membeli asuransi kesehatan di usia yang masih muda dan kondisi kesehatan prima, maka Anda tidak akan mengalami situasi tersebut.

Pentingnya asuransi kesehatan akan menghindari risiko pre-existing condition dan bahkan tidak ada sama sekali jika Anda memilih untuk membeli produk asuransi kesehatan sejak dini.

 

6.  Biaya Darurat Yang Sudah Tersedia

Di usia yang masih muda memang cenderung memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit. Tetapi tidak bisa dipungkiri jika niat untuk menabung juga lebih rendah ketika seseorang masih muda.

Di usia yang masih muda mungkin lebih cenderung mendahulukan pengeluaran konsumtif sampai jarang menyisihkan tabungan untuk kebutuhan dana darurat.

Padahal, dana darurat ini menjadi salah satu aspek yang wajib diperhatikan. Hal ini berlaku bagi siapa saja yang sewaktu waktu membutuhkan dana terdesak.

Apabila sudah memiliki asuransi kesehatan yang dimiliki sejak dini, setidaknya Anda sudah menyiapkan persoalan memiliki dana darurat khusus yang berhubungan dengan tingginya biaya medis dan lain sebagainya.

 

7.  Perencanaan Finansial Lebih Fokus

Memiliki target menjadi salah satu aspek yang penting dalam merencanakan finansial. Beruntungnya, memiliki asuransi kesehatan di usia yang masih muda bisa memberikan Anda fokus untuk keputusan investasi dalam jangka panjang. Hal ini karena pentingnya asuransi kesehatan sejak dini sudah memiliki perlindungan yang tepat dan terbaik.

Jika memiliki asuransi kesehatan sejak dini, maka akan memberikan berbagai keuntungan. Premi yang didapatkan lebih murah, pengurusan lebih mudah, dan bisa menjadi investasi jangka panjang.

Apabila Anda telah yakin untuk memiliki asuransi kesehatan silakan kunjungi website berikut untuk mengetahui tips memilih asuransi kesehatan.

Meskipun begitu, Anda bisa mempersiapkan dana darurat untuk kesehatan dengan cara yang lebih mudah yaitu menabung.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang pentingnya asuransi kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Apabila ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan sampaikan di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan komentar