Tips Jitu Strategi Pemasaran Online

Di zaman serba canggih dan sudah menggunakan internet ini ada banyak kegiatan manusia yang bisa dilakukan secara online seperti salah satunya strategi pemasaran online. Dengan adanya internet yang menjangkau seluruh dunia pastinya pemasaran produk akan lebih mudah dilakukan. Mau menjalankan ide bisnis online tanpa modal apapun jadi mudah dengan mengetahui teknik pemasaran online yang tepat.

Jika dulu Anda harus menawarkan barang secara langsung ke pelanggan atau menggelar sebuah acara untuk memasarkan produk, kini Anda bisa melakukannya melalui komputer bahkan smartphone yang terhubung internet.

Dari penjelasan di atas jelas terlihat bahwa internet memiliki peran yang besar dalam bidang pemasaran online. Dengan adanya pemasaran online ini, Anda pun bisa lebih menghemat waktu dan tenaga karena pekerjaan bisa dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba pemasaran online pastikan untuk membaca informasi di bawah ini terlebih dahulu.

Informasi tentang strategi pemasaran online ini akan membuat Anda makin mudah melakukan pemasaran online. Inilah cara ala pintar jualan dalam melakukan strategi pemasaran online agar bisnis kamu makin laris manis.

Apa Itu Strategi Pemasaran Online?

Sesuai dengan namanya, pemasaran online adalah cara yang dipakai untuk memasarkan produk melalui media internet. Dikarenakan strategi pemasaran ini dilakukan secara online maka jangkauannya lebih luas dan lebih mudah dijangkau.

Saat ini internet juga sudah banyak penggunanya sehingga Anda harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Anda bisa melakukan pemasaran online melalui postingan media sosial, membuat konten, ataupun menggunakan iklan berbayar.

 

Manfaat Strategi Pemasaran Online 

Tips dan Trik Strategi Pemasaran Online

Sebagai strategi pemasaran yang banyak dilirik para pebisnis pastinya pemasaran online ini memang membawa banyak manfaat lain.

Nah, di bawah ini sudah ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan strategi pemasaran online ini.

  • Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun

Sebagai media yang bisa digunakan selama 24 jam pastinya sangat memudahkan para pebisnis karena dengan begini pengunggahan konten pemasaran bisa dilakukan kapanpun. Selain itu, Anda pun bisa melakukan pengunggahan konten dimanapun asalkan tersambung internet.

  • Biaya lebih murah

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa pemasaran melalui media internet memang lebih murah. Anda tidak perlu mencetak brosur yang pastinya membutuhkan dana yang lebih banyak, sebagai gantinya Anda bisa langsung menyebarkan desain brosur ke media sosial.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan blog ataupun situs web gratis untuk melakukan promosi jadi sudah pasti biaya operasional untuk pemasaran jadi lebih rendah.

  • Target pasar dan riset pasar bisa dilakukan dengan mudah

Untuk mendapatkan target pasar yang pas dengan produk yang ditawarkan, Anda bisa memasang promosi pada grup tertentu yang ada di media sosial.

Selain itu, memasang iklan baik yang gratis maupun berbayar dengan kata kunci tertentu pastinya juga jadi ide tepat untuk promosi.

Selain target pasar, ada pula riset pasar yang penting untuk dilakukan baik untuk pemasaran offline maupun online. Untuk riset pasar secara online ini juga lebih mudah dilakukan karena Anda cukup mencari kata kunci apa yang banyak dicari orang-orang tentang produk yang akan Anda tawarkan.

Anda bisa melakukan riset pasar online ini di browser dengan cara mengetikkan nama produk Anda. Nantinya akan muncul kata kunci apa saja yang banyak dicari, hal ini juga bisa digunakan sebagai penentu jenis strategi pemasaran apa yang harus Anda pilih untuk meningkatkan penjualan.

  • Pengaturan barang bisa dilakukan dengan mudah

Strategi pemasaran online ini juga membutuhkan lebih sedikit pekerja bahkan mungkin bisa Anda lakukan sendiri. Jika Anda membutuhkan karyawan, biasanya yang dibutuhkan adalah di bagian penerimaan pesanan dan pengiriman barang.

Dalam pemasaran online yang Anda butuhkan adalah katalog produk lengkap dengan penjelasan singkat mengenai produk tersebut.

Jadi, pastikan untuk memotret produk Anda dengan baik dan sesuai dengan gambar aslinya agar pembeli pun tidak merasa tertipu.

Apalagi jika Anda menggunakan situs web sendiri untuk pemasaran online, biasanya manajemen situs akan memberikan sistem pengaturan barang beserta gudang barangnya jadi mungkin Anda tidak membutuhkan etalase karena penjualan barang dilakukan berdasarkan pesanan.

  • Pelayanan untuk konsumen bisa dilakukan secara maksimal

Bekerja menggunakan internet artinya Anda akan menggunakan komputer ataupun ponsel untuk mengatur pemasaran produk. Nah, karena Anda bekerja menggunakan mesin maka tidak perlu khawatir jika pesanan dari pembeli tidak akan dilayani.

Sistem pemasaran online ini bisa menampung semua pesanan dari pembeli dan tugas Anda hanya menerima pesanan dan melayani mereka dengan pelayanan terbaik.

Pastikan juga Anda teliti dalam mengemas pesanan pembeli karena jika salah produk yang dikirim akan berdampak pada toko Anda.

 

5 Channel Marketing yang Membuat Bisnis Anda Laris

Sebagai media pemasaran yang lebih luas pastinya terdapat strategi-strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk membuat produk yang ditawarkan lebih cepat diketahui konsumen. Nah, di bawah ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang bisa membuat bisnis Anda cepat laris alat Pintar Jualan

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO digadang-gadang sebagai strategi pemasaran yang banyak dipilih karena memang dampaknya membuat produk lebih mudah dikenal konsumen. Dengan konten-konten SEO, pemasaran produk Anda jadi lebih tertarget.

Jika sudah mengetahui siapa saja target pemasaran produknya, pastinya Anda akan lebih mudah memasarkannya.

2. Sosial Media

Hampir semua orang saat ini sudah memiliki sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Nah, sosial media ini pastinya tidak boleh Anda biarkan begitu saja karena channel marketing satu ini juga memiliki potensi yang bagus untuk pemasaran.

Sama halnya seperti di dunia nyata, Anda tetap harus memperhatikan etika ketika bersosial media. Pastikan untuk selalu memperhatikan penggunaan bahasa yang sopan karena jika terjadi sedikit saja kesalahan pastinya akan berdampak pada bisnis Anda.

3. Marketplace

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan keberadaan marketplace, bukan? Di Indonesia sendiri sudah ada berbagai macam marketplace untuk menampung produk-produk Anda.

Keberadaan marketplace ini sangat memudahkan para pebisnis karena Anda tidak perlu membuat situs web sendiri, cukup dengan mendaftar di salah satu marketplace dan Anda sudah bisa berjualan dengan bebas.

Marketplace pun menyediakan fitur marketplace ads yang bisa digunakan untuk membuat iklan tentang toko Anda. Iklan di marketplace ads juga menjadi pilihan yang tepat karena biayanya lebih terjangkau.

Ada dua marketplace yang wajib kamu buka tokonya yaitu di Tokopedia dan Shopee. Nah, agar kalian bisa jualan laris di dua marketplace tersebut kalian harus baca salah satunya yaitu Cara Jualan Di Shopee dan juga Cara Jualan Di Tokopedia. Banyak teknik yang harus kalian pelajari.

4. TikTok 

Tiktok adalah aplikasi yang tidak boleh Anda lewatkan untuk melakukan promosi produk. Untuk melakukan promosi melalui TikTok, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti menggunakan hashtag yang tepat agar bisa dijangkau oleh target pasar.

Nah, karena TikTok adalah aplikasi yang menyajikan video jadi pastikan Anda mengikuti tren video apa yang sedang berkembang di sana dan buatlah konten yang menarik dengan tren tersebut.

Sama halnya dengan sosial media yang lain, TikTok pun memiliki banyak influencer yang bisa diajak kolaborasi untuk memperkenalkan produk Anda. Influencer banyak dipilih karena biasanya mereka memiliki banyak pengikut di akun sosial medianya.

Dengan pengikut yang banyak ini harapannya produk yang Anda jual akan lebih mudah dikenal masyarakat dan membuat mereka tertarik untuk mencoba.

5. Whatsapp

Hampir semua orang Indonesia yang memiliki smartphone pastinya menggunakan aplikasi Whataspp untuk melakukan komunikasi. Nah, sebagai aplikasi populer pastinya Anda juga harus memanfaatkannya dengan baik untuk melakukan promosi produk.

Untuk mulai berpromosi dengan Whatsapp, ganti dulu versi Whatsapp Anda menjadi Whatsapp bisnis. Dengan mengganti versi Whatsapp di ponsel, bisnis yang Anda jalankan jadi lebih mudah karena di sini tersedia berbagai fitur yang mendukung bisnis.

Beberapa fitur yang tersedia di Whatsapp bisnis adalah Anda bisa membuat profil bisnis, membuat label untuk tiap konsumen, menentukan jam kerja, membuat katalog produk, dan lainnya.

 

5 Strategi Optimasi Produk Agar Diminati Banyak Orang

Strategi memaksimalkan pemasaran online

Dalam melakukan pemasaran produk penting juga bagi Anda untuk melakukan opmtimasi produk sehingga produk Anda banyak yang memburu. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk optimasi produk, di bawah ini sudah ada rangkumannya.

1. Judul Produk

Menulis judul produk yang tepat ternyata juga berpengaruh pada penjualan karena jika nama produknya tidak tepat maka produk tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari.  Nah, pastinya hal ini harus diperhatikan dengan baik agar bisnis Anda berjalan lancar.

Nah, untuk mendapatkan judul produk yang baik cara termudahnya adalah dengan mencari referensi dari marketplace. Setelah menemukan barang yang sama di marketplace, Anda bisa melakukan modifikasi pada judul produknya.

2. Harga Produk

Jika berbicara tentang marketplace pastinya Anda setuju jika media satu ini identik dengan harga produk yang murah meriah. Banyak marketplace yang berlomba untuk memberikan harga termurah untuk produk-produk mereka.

Nah, untuk menentukan harga termurah ini Anda tetap harus menggunakan perhitungan yang matang agar nantinya tidak rugi.

Untuk menentukan harga termurah ini Anda bisa mencari supplier yang menjual dengan harga yang lebih murah atau sama dengan yang dijual di marketplace.

Dari situ, Anda bisa melakukan pengurangan harga antara Rp100 hingga Rp500 produk Anda jadi yang termurah.

3. Gambar Produk

Dikarenakan berjualan online membuat konsumen tidak bisa memegang produk Anda secara langsung, jadi foto produk menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan.

Cara melakukan pemotretan produk yang tepat adalah dengan membuat foto utama dan tambahan yang menunjukkan detail produknya, usahakan pakai layar putih, gunakan aksesoris tambahan, dan pastikan pencahayaannya bagus.

4. Deskripsi Produk

Untuk deskripsi produk, beberapa hal penting yang harus dijelaskan didalamnya seperti fitur-fiturnya, keuntungan, garansi agar lebih menarik, keunikan produk dan diskon jika ada. Anda juga bisa menambahkan beberapa emoji untuk membuat deskripsi jadi lebih menarik.

5. Kebutuhan Produk

Untuk membuat produk yang Anda jual mudah dijangkau konsumen, penting bagi Anda untuk mengiklankan toko online Anda di akun sosial media yang dimiliki. Anda pun bisa mengunggah beberapa foto produk dan jangan lupa mencantumkan link menuju tokonya.

Nah, itulah rangkuman mengenai strategi pemasaran online yang penting untuk Anda ketahui sebagai pebisnis. Pastikan untuk memahami ulasan di atas dan praktikkan pada toko online Anda agar semakin berkembang dan maju.

Untuk mengetahui lebih detail tentang seputar materi cara pintar jualan online, kalian bisa kunjungi pintarjualan.id disitus itu terdapat banyak materi bermanfaat seputar ide bisnis yang tepat di tahun 2021, insight bisnis menambah wawasan pengetahuan jualan kamu.

Selain itu, ada juga ilmu SEO untuk bersaing di mesin pencari dan ada juga seputar online shop, marketplace seperti tokopedia dan shopee dan ada juga pembahasan seputar ekspedisi untuk pengiriman barang.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang tips jitu strategi pemasaran online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Apabila ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar