Surat Pengunduran Diri / Resign

Ada beragam alasan yang bisa melatarbelakangi kamu untuk resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat kamu bekerja. Untuk meninggal-kan kesan baik dan terhormat kamu perlu untuk membuat surat resign atau surat pengunduran diri.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk tetap menciptakan rasa enak dan nyaman di kedua belah pihak (perusahaan dan kamu).

Karena dalam pengunduran diri tentunya akan tercipta suasana sensitif, sehingga dibutuhkan sebuah penyampaian yang baik dan benar.

Mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan atau perusahaan memang sesuatu yang sangat wajar dilakukan oleh siapa saja.

Hal tersebut karena masing – masing orang mempunyai kehendak terhadap jalan hidupnya dan bertanggung jawab terhadap semua hal yang menjadi pilihan bagi nya.

Cara Resign Kerja

Sesuatu hal yang wajar dan memang merupakan hak bagi setiap orang yang bekerja pada sebuah organisasi bisnis untuk memutuskan resign atau tetap bekerja.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara resign kerja yang baik dan profesional.

Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan hubungan dan pandangan yang kurang baik antara kedua belah pihak.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara resign yang benar, sopan dan profesional. Berikut merupakan cara nya.

1. Ajukan Permohonan Resign Lebih Awal

Artinya adalah pada saat akan mengajukan permohonan surat pengunduran diri, kamu harus melakukannya jauh hari sebelum hari pengunduran diri dilakukan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa organisasi bisnis yang menerapkan peraturan karyawan mengajukan permohonan pengunduran sebulan sebelum hari pengunduran diri.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya organisasi bisnis yang akan kamu tinggalkan mempunyai kesempatan untuk mencari pengganti yang akan mengisi posisi yang sebelumnya kamu tempati.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengajukan surat resign pada hari yang sama dengan hari resign kamu atau jangka waktu nya mepet dengan hari resign.

2. Memaksimalkan Waktu Terakhir

Setelah kamu melakukan pengajuan permohonan resign, biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu untuk disetujui oleh perusahaan.

Nah, sambil menunggu keputusan dari perusahaan, maka kamu harus tetap bekerja seperti biasa dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Jika perlu kamu raih pencapaian yang tinggi sebagai kesan terakhir sebelum meninggalkan perusahaan.

Maksimalkan lah waktu terakhir yang kamu miliki di perusahaan dengan cara mencurahkan seluruh kemampuan kamu dalam bekerja.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang mempunyai dedikasi tinggi dan orang yang menjunjung professionalitas dalam bekerja.

3. Atasan Orang yang Pertama Mengetahui

Pada saat kamu berniat untuk melakukan resign kerja, pastikan lah bahwa orang yang pertama kali mengetahui niatan tersebut adalah atasan kamu.

Hal tersebut selain untuk menjaga agar lingkungan kerja tetap kondusif, juga sebagai bentuk penghormatan kepada atasan yang selama ini menjadi pimpinan kamu.

4. Kembalikan Semua Fasilitas Perusahaan

Jika kamu diberikan berbagai fasilitas untuk memaksimalkan kinerja kamu oleh perusahaan, maka sebaiknya kembalikanlah semua kepada perusahaan.

Hal tersebut tentu saja untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Ingatlah bahwa semua fasilitas yang diberikan bukanlah milik kamu, kamu hanya berhak untuk memakainya selama menjadi karyawan di perusahaan.

5. Jaga Profesionalisme dan Hubungan

Sangat penting bagi kamu untuk tetap menjaga profesionalisme dan hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja.

Setelah kamu keluar dari tempat kerja sebelumnya, sebaiknya kamu tetap profesional dengan cara tidak membocorkan apa pun yang menjadi rahasia bagi organisasi bisnis tempat kamu bekerja sebelumnya.

Disamping itu, kamu juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan atasan dan juga rekan kerja di perusahaan sebelumnya.

Memang kamu sudah tidak ada hubungan kerja dengan perusahaan sebelumnya.

Namun kamu harus ingat bahwa kamu tidak pernah mengetahui perjalanan karir kamu kedepan nya.

Bisa saja atasan atau rekan kerja kamu yang ada di di perusahaan sebelumnya akan menjadi rekan kerja atau bahkan menjadi atasan kamu di tempat kerja yang baru di kemudian hari.

 

Apa Itu Surat Pengunduran Diri (Resign)?

surat resign atau yang biasa disebut dengan surat pengunduran diri adalah surat pernyataan yang dibuat oleh seorang pekerja dengan tujuan untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Terdapat beberapa unsur atau komponen utama yang harus ada di dalam surat pengunduran diri. Beberapa komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tujuan surat,
  • Nama pengirim (dilengkapi dengan data singkat seperti usia, lama bekerja, jabatan, dan lain sebagainya),
  • Alasan mengundurkan diri.

Selain hal tersebut kamu juga harus memperhatikan beberapa aturan lain dalam membuat surat resign yang baik dan benar.

  • Sebutkan orang yang menjadi tujuan dalam surat dengan awalan “Kepada Yth”.
  • Kamu disarankan menyebutkan nama secara lengkap, identitas singkat, jabatan dan lama bekerja. Jika dibutuhkan sebutkan juga tanggal terakhir bekerja.
  • Pakailah bahasa yang formal dan jangan disingkat – singkat. Usahakan jangan sampai terjadi kesalahan dalam pengetikan atau penulisan surat.
  • Jelaskan secara sopan alasan mengundurkan diri.
  • Jangan lupa untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada organisasi bisnis tempat kamu bekerja. Disarankan untuk menyertakan doa.

 

Manfaat Surat Pengunduran Diri

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya secara ringkas bahwa terdapat beberapa manfaat ketika kamu membuat surat pengunduran diri, yaitu sebagai berikut.

1. Perusahaan Mempunyai Waktu Untuk Mencari Pengganti Kamu

Sura resign ini diajukan sebelum tanggal pengunduran diri kamu. Contohnya, apabila kamu akan mengundurkan diri pada 10 Mei 2045, maka sebelum tanggal tersebut kamu harus sudah mengajukan permohonan pengunduran diri.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghargai dan menghormati tempat kamu bekerja.

Supaya berbagai tugas yang ada tidak terbengkalai dan tidak berkesan buruk pada kamu.

Surat pengunduran diri ini seperti surat lamaran pekerjaan, yaitu sama – sama tidak langsung diterima pada saat surat diajukan ke suatu organisasi bisnis.

2. Terlihat Profesional dan Terhormat

Setiap keputusan yang kamu pilih harus disertai dengan adab dan juga berbagai nilai kesopanan, jangan sampai kamu pergi menghilang tanpa permisi.

Apa lagi hal tersebut berkaitan dengan dunia kerja yang di dalam nya terdapat berbagai macam peraturan dan etika organisasi bisnis yang harus dipatuhi.

Pada saat kamu mengundurkan diri dengan cara yang terhormat dan resmi, maka perusahaan akan menilai kamu sebagai orang yang baik, bertanggung jawab, sopan, dan memiliki tata krama.

 

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Struktur penulisan dari surat resign ini sebetulnya hampir sama seperti surat lamaran kerja, namun yang berbeda hanya isi dari surat tersebut.

Format penulisan dari surat resign ini, sama seperti surat resmi yang biasanya kamu buat, yaitu harus terdapat beberapa bagian surat seperti:

  • Tempat dan tanggal surat resign, pada umumnya terletak disebelah kanan atas.
  • Nama dan alamat tujuan surat, pada umumnya terletak disebelah kiri atas.
  • Isi surat dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baik.
  • Tanda tangan dengan disertai nama terang.
  • Materai (jika diperlukan).

Selain struktur, surat resign juga mempunyai beberapa syarat dan etika yang perlu diperhatikan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam hal etika dan penulisan bahasa yang baik.

  • Isi surat ringan dan padat.
  • Menyampaikan ucapan “terimakasih”, kepada pihak perusahaan yang sudah memberi kesempatan kamu untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.
  • Jangan menyampaikan sebuah kesan buruk tentang perusahaan.
  • Sampaikanlah alasan yang jelas tentang pengunduran diri yang dilakukan.
  • Sertakan kutipan tentang beberapa landasan hukum yang menjadi dasar kamu mengajukan surat resign. Dapat kamu ambil dari kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang ada.

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign yang Baik dan Benar

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari surat resign atau surat pengunduran diri yang dapat kamu buat, selain itu kamu juga bisa mendownload nya dalam format doc.

Contoh Surat Resign 1

Tembalang, 1 Januari 2045

Kepada Yth.
Kepala HRD PT Mastah Bisnis
Jl. Prof Sudarto No 13, Tembalang, Semarang
Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya James Jordan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Mastah Bisnis sebagai seorang Kepala Web Designer, terhitung sejak 30 Januari 2045 dengan alasan kesehatan dan juga ingin lebih dekat dengan keluarga. Surat pengunduran diri ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan indistrial serta tanpa ada motivasi negatif. Saya sangat berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan semua hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak perusahaan karena telah diberikan kesempatan untuk bekerja dan memberikan dedikasi saya kepada PT. Mastah Bisnis. Kepada teman-teman sejawat juga sangat senang bekerjasama dengan anda semua dan berterima kasih. Tidak lupa saya memohon maaf kepada seluruh karyawan serta manajemen PT. Mastah Bisnis apabila ada kesalahan yang saya perbuat selama saya bekerja di perusahaan.

Saya berharap PT. Mastah Bisnis dapat berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia. Demikian surat pengunduran ini saya buat sebenar-benarnya dan semoga dapat disetujui oleh pihak PT. Mastah Bisnis. Sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

James Jordan


Contoh Surat Resign 2

Tembalang, 10 Febuari 2045

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Mastah Bisnis Group
Jl. Prof Sudarto No 13, Tembalang, Semarang

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Mastah Bisnis sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan serta Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama          : Az Zahwa Kamila
Jabatan       : Web Design
Alamat       : Jl. Prof Sudarto No 13, Tembalang, Semarang

Saya dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Mastah Bisnis karena ingin lebih dekat keluarga di Aceh. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif. Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja. Saya juga memohon maaf pada perusahaan serta teman-teman sejawat bila ada kesalahan yang saya baik disengaja maupun tidak.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Az Zahwa Kamila


Contoh Surat Pengunduran Diri 3

Semarang, 12 Maret 2050

Kepada
Yth. HRD PT Mastah Bisnis
Jl. Prof Sudarto No 13, Tembalang, Semarang

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya Robert Johan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Mastah Bisnis sebagai Marketing, terhitung dari tanggal 12 April 2050.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang mana telah diberi banyak kesempatan serta segala hal yang telah diberikan oleh pihak PT Mastah Bisnis. Saya juga mengucapkan kepada teman-teman karyawan yang selama ini telah membantu dan kompak dalam bekerja. Tidak lupa saya mohon maaf yang sebesar-besarnya pada PT Mastah Bisnis dan juga karyawan apabila selama saya bekerja banyak salah.

Saya juga sangat berharap perusahaan menemukan pengganti saya yang lebih memberi kontribusi lebih baik untuk perkembangan perusahaan.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Homat Saya

Robert Johan


Contoh Surat Pengunduran Diri 4

Semarang, 15 Juli 2035

Kepada Yth.
Kepala HRD PT. Mastah Bisnis
Jl. Prof. Sudarto No 13, Tembalang, Semarang

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Mastah Bisnis berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta Undang-Undang tenaga yang mencakupi yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                        : Indah Sari
Departemen              : Marketing
Jabatan                      : Staff System Marketing
Nomor Karyawan     : 900920199
Alamat                      : Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Aceh

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Mastah Bisnis terhitung sejak 15 Juni 2035 dengan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Mastah Bisnis yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan dari baik itu pada perusahaan maupun teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua.

Saya memiliki harapan bahwa PT. Mastah Bisnis menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepan-nya lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat , atas segala perhatian dan kerjasama-nya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Indah S


Download Surat Pengunduran Diri / Resign Doc

Akhir Kata

Demikianlah Sedikit pembahasan tentang surat pengunduran diri atau surat resign. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar