Tips & Cara Membuat Podcast

Pada saat sekarang ini keberadaan dari podcast sudah tidak asing lagi, bahkan podcast pada saat ini sudah bisa dijadikan sebagai penghasil uang. Namun, tidak sedikit orang yang bertanya bagaimana cara membuat podcast yang baik?

Para pengguna platform digital seperti Spotify, iTunes, Google Play dan lain sebagainya pada saat ini memang sedang banyak digemari karena adanya podcast.

Tema yang bisa di dalam podcast ini bisa dibilang banyak, mulai dari percintaan, horror, humor, dan lain sebagainya.

Sehingga tidak heran jika pada saat sekarang ini podcast ini cukup populer, terutama di kalangan generasi milenial.

Oke pada pembahasan kali ini, akan dibahas tentang bagaimana cara membuat podcast dan apa saja tips nya. Yuk simak pembahasannya dalam artikel ini dengan seksama.

Sejarah Podcast

Sejarah Podcast

Podcast merupakan singkatan dari iPod Broadcasting yang berarti siaran dengan melalui iPod.

Podcast ini adalah sebuah konten berbentuk audio yang dapat dinikmati secara on demand.

Dengan kata lain dimana pun dan juga kapan pun kamu ingin mendengarkannya, kamu bisa mengakses nya asalkan ada jaringan internet.

Selain bisa secara on demand dengan melalui jaringan internet, beberapa layanan podcast juga bisa kamu unduh dan kemudian disimpan.

Dalam hal ini podcast sendiri pertama kali muncul di Amerika sekitar tahun 2004.

Pada saat itu, David Winer dan juga Dave Curry melakukan kerja sama dalam membuat program untuk mengunduh siaran yang ada di internet ke iPod.

Sejak saat itulah podcast mulai dikenal orang dan terus mengalami perkembangan sampai sekarang ini.

Di Indonesia sendiri podcast mulai dikenal oleh banyak orang yaitu sekitar pada tahun 2017 an, terutama sejak munculnya aplikasi streaming musik seperti Spotify.

Karena semakin populernya podcast di Indonesia, pada saat sekarang ini podcast sudah diserap dalam bahasa Indonesia yaitu siniar.

 

Mengapa Harus Podcast?

Mengapa Harus Podcast

Walaupun popularitas atau trend siniar yang ada di Indonesia ini bisa dibilang masih cukup baru, namun bukan berarti siniar tidak pantas dicoba untuk menambah pendapatan.

Bercermin dari keberhasilan podcast yang ada di luar negeri, tentu saja terdapat banyak hal yang dapat dieksplorasi dari podcast ini.

Berikut ini merupakan beberapa hal atau alasan mengapa kamu perlu untuk mencoba podcast untuk menambah pendapatan.

1. Membangun Kredibilitas

Alasan pertama kamu perlu untuk membuat siniar adalah untuk membangun kredibilitas.

Dengan melalui podcast ini para podcaster tentu saja bisa menyalurkan hobi atau keahlian nya untuk bisa didengarkan oleh orang lain.

Dalam hal ini tentu saja podcast yang baik adalah siniar yang bisa memunculkan kepribadian podcaster dengan jujur.

Kamu perlu menyampaikan materi atau konten yang bermanfaat bagi para pendengarnya bisa dengan penyampaian humoris, serius, atau santai.

Oleh karena itu, siniar ini mampu membangun kredibiltas dari podcaster bagi para pendengarnya.

Dan pada akhirnya akan banyak pendengar setia yang akan mendengarkan siniar yang kamu buat.

2. Dianggap Sebagai Ahli

Alasan yang kedua adalah karena dianggap sebagai ahli. Apabila kamu sudah berhasil membangun kredibiltas, maka kamu akan dianggap ahli di bidang yang kamu kuasai.

Hal tersebut dikarenakan sebelum kamu membuat konten tentu saja kamu perlu untuk menguasai topik pembicaraan agar dapat menyampaikan dalam episode siniar yang panjang.

Untuk bisa menguasai topik kamu bisa membaca buku, beberapa artikel, maupun dapat mendengarkan beberapa podcast dengan tema yang sama.

Selain hal itu, secara tidak langsung karena kemampuan berbicara dalam durasi yang cukup panjang, maka akan membuat kamu dianggap sebagai ahli pada bidang tertentu.

3. Cara Lain Menyajikan Konten

Jika kamu mempunyai website atau blog, dan pada saat pengunjung blog kamu mulai jenuh, alangkah lebih baiknya untuk memulai mengeksplor audience baru.

Podcast merupakan salah satu cara yang unik untuk mengeksplor audience baru. Ubahlah konten kamu ke dalam bentuk podcast.

4. Alternatif Radio dan Televisi

Dengan munculnya podcast ini dianggap sebagai suatu alternatif baru dari keberadaan komponen elektronik seperti radio dan juga televisi.

Pada awalnya mungkin podcast ini hanya berbentuk audio saja, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu siniar ada dalam bentuk format video.

 

Tips Membuat Podcast

Tips Membuat Podcast

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat podcast, kamu terlebih dahulu perlu mengetahui beberapa tips membuat podcast, yaitu sebagai berikut.

1. Gunakan Alat dan Software yang Memadai

Tips membuat podcast yang pertama adalah pakailah perlengkapan yang memadai.

Dalam membuat podcast yang berkualitas baik, maka mau tidak mau kamu harus menggunakan perlengkapan yang memadai.

Hal tersebut karena sebagus apa pun materi yang kamu buat akan kurang menarik perhatian pendengar jika kualitas suara dari siniar yang kamu buat kurang bagus.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang kamu butuhkan pada saat akan membuat podcast.

  • Mikrofon

Mikrofon ini berguna untuk membuat suara podcast yang kamu buat menjadi lebih jelas.

Biasanya para pendengar yang jeli akan mampu membedakan suara yang dihasilkan dengan menggunakan mikrofon berkualitas rendah dengan mikrofon dengan kualitas bagus.

Sebelum kamu membeli mikrofon, alangkah lebih baiknya jika kamu memilih jenis mikrofon terlebih dahulu.

Pada saat membuat podcast apakah kamu akan menggunakan mikrofon USB atau mikrofon analog (XLR).

Mikrofon USB ini mampu mengkonversikan suara analog menjadi suara digital.

Dengan demikian, kamu bisa menyambungkan mikrofon USB ini ke kompoter / PC dan bisa melakukan perekaman tanpa adanya banyak kendala.

Sedangkan untuk mikrofon XLR, kamu akan membutuhkan perangkat lainnya untuk mengkonversikan audio ke komputer.

Jika dibandingkan dengan mikrofon USB, mikrofon XLR lebih tinggi harganya.

Hal tersebut dikarenakan mikrofon USB tidak lagi membutuhkan perangkat tambahan.

Akan tetapi hal tersebut justru akan menimbulkan potensi untuk menghasilkan audio dengan kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan menggunakan mikrofon analog (XLR).

  • Perekam XLR Portable

Alat yang selanjutnya adalah perekam XLR portable. Alat ini digunakan jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog.

Perekam XLR portable ini kamu butuhkan dengan fungsi untuk menangkap audio analog kamu dan juga mengkonversinya menjadi digital.

Selain hal tersebut alat ini juga mampu menangkap beberapa suara saluran mikrofon dan juga memungkinkan untuk melakukan penyesuaian volume suara dan juga mematikannya dengan cepat.

  • Audio Interface

Apabila kamu ingin merekam podcast secara langsung ke komputer dengan memakai mikrofon XLR, maka dalam hal ini kamu membutuhkan audio interface.

Alat ini berfungsi sebagai salah satu alat yang dapat memungkinkan kamu untuk memasukkan satu atau lebih mikrofon analog dan juga mengkonversikan audio analog menjadi digital.

  • Komputer atau PC

Dalam membuat podcast komputer atau PC ini mempunyai peranan yang penting.

Hal tersebut karena komputer atau PC ini berfungsi untuk melakukan perekaman, pengeditan, sampai dengan mengunggah podcast yang sudah kamu buat.

Dalam melakukan pengeditan siniar ini sebetulnya kamu tidak membutuhkan banyak daya komputasi.

Akan tetapi, cara kamu dalam melakukan perekaman podcast ini justru akan mempunyai pengaruh terhadap perangkat komputer atau PC yang kamu gunakan.

Hal tersebut baik merekam dengan memakai komputer secara langsung maupun memakai perangkat khusus.

Apabila kamu memilih untuk memakai perangkat khusus, maka kamu sebaiknya mempunyai port yang tepat.

Misalnya, apabila kamu memilih untuk memakai mikrofon XLR dengan perekam XLR portabel atau perangkat audio interface, maka kamu akan membutuhkan jack audio in 3,5 mm, port USB, atau port fireware.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli berbagai peralatan yang dibutuhkan, alangkah lebih baiknya apabila kamu memastikan bahwa komputer yang kamu miliki mendukung.

  • Digital Audio Workstation

Untuk bisa membuat rekaman dan juga melakukan edit yang baik, maka kamu akan membutuhkan digital audio workstation.

Dalam hal ini banyak sekali pilihan digital audio workstation yang dapat kamu pakai.

Akan tetapi, lisensi untuk digital audio workstation ini membutuhkan biaya yang cukup besar yaitu sekitar $300 sampai dengan $900 untuk lisensi tingkat profesional seperti Reason dan Pro Tools.

Ada juga Adobe Audition yang harganya bisa dibilang lebih murah yaitu hanya $20 saja untuk biaya langganan bulanannya.

Namun, jika kamu podcaster pemula, kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk peralatan yang mungkin belum kamu butuhkan.

Pada saat sekarang ini sudah banyak kok software gratis yang dapat kamu gunakan misalnya seperti Audacity.

  • Pop Filter

Alat terakhir yang kamu butuhkan adalah pop filter. Semakin jelas audio podcast yang kamu hasilkan, maka akan semakin baik pula podcast yang akan kamu buat.

Walaupun pop filter ini bukan merupakan alat yang wajib, namun pop filter ini bisa membantu kamu dalam menghasilkan audio yang berkualitas baik.

2. Membuat Serial Podcast

Tips membuat podcast yang selanjutnya adalah dengan membuat serial siniar.

Membuat serial siniar ini kamu butuhkan dengan tujuan agar para pendengar podcast kamu akan merasa terhibur dan akan menantikan setiap episode selanjutnya dari podcast kamu.

Dalam hal ini kamu dapat membagi pembahasan satu topik menjadi beberapa episode.

Hal tersebut tentu saja akan membuat para pendengar akan merasa penasaran dan akan menunggu keberlanjutan dari siniar kamu, yang pada akhirnya para pendengat akan setia di podcast kamu.

Sehingga, kamu bisa memikirkan isi konten podcast setiap episodenya agar menjadi semakin lengkap.

3. Publikasikan ke Berbagai Media

Jika kamu sudah membuat podcast, maka kamu perlu untuk mempublikasikan atau mempromosikan di berbagai media mulai dari media sosial, YouTube, Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan supaya kamu bisa menjangkau pendengar yang lebih banyak.

Jika kamu melakukan publikasi di berbagai media, maka kamu akan mampu menjangkau pendengar di setiap media yang ada.

4. Tentukanlah Jadwal dan Jam Siaran Podcast

Pada saat kamu akan mengupload konten siniar yang sudah kamu buat, alangkah lebih baiknya jika kamu mencari tahu hari apa dan juga jam berapa banyak orang yang mendengarkan podcast.

Dalam hal ini biasanya kebanyakan orang akan mendengarkan podcast di waktu senggang mereka misalnya pada saat jam makan siang, sore setelah pulang kerja, dan malam hari sebelum tidur.

Alangkah lebih baiknya jika kamu secara konsisten melakukan siaran pada waktu – waktu tersebut.

Jika kamu masih awal banget, cobalah untuk melakukan siaran sekali dalam sehari pada salah waktu tersebut.

5. Sesuaikan Gaya Bicara dengan Topik Pembahasan

Apabila tema atau topik pembahasan siniar yang kamu pilih adalah topik yang serius seperti investasi, keuangan, dan lain sebagainya.

Tentunya gaya bicara atau gaya penyampaiannya berbeda dengan topik atau pembahasan yang tidak serius seperti gaya hidup, komedi, hiburan, dan lain sebagainya.

Selain itu gaya bahasa yang kamu gunakan juga akan mempengaruhi minat dari para pendengar.

Dengan demikian, kamu perlu untuk memilih kata – kata yang akan kamu pakai, perhatikan cara berbicara dan juga nada biacara kamu pada saat kamu melakukan siaran podcast.

Alangkah lebih baiknya jika kamu menyesuaikan gaya penyampaian dengan topik podcast yang kamu buat agar enak untuk didengar.

6. Buatlah Intro yang Catchy

Tips membuat podcast yang ke-6 adalah membuat intro yang catchy. Sebagai pembuka, kamu harus mengetahui bahwa sangat penting intro bagi para pendengar.

Dalam hal ini kamu dapat menyapa para pendengar dengan menggunakan jargon atau cara yang khas yang sudah kamu persiapkan.

Iringan musik juga bisa ditambahkan agar para pendengar mudah terbawa suasana.

Akan tetapi, kamu harus tetap memperhatikan kesesuaian dengan tema atau topik pembahasan yang kamu pakai dalam siniar kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa detik – detik pertama merupakan momentum terbaik bagi kamu untuk bisa meraih minat para pendengar supaya terus mendengarkan podcast kamu.

Untuk membuat intro yang menarik perhatian para pendengar, kamu juga bisa mencoba gaya dari tayangan televisi yang sering menampilkan bloopers atau potongan isi podcast sebagai intro.

Intro tersebut nantinya bisa terus kamu gunakan sebagai bentuk branding supaya siniar kamu mudah diingat oleh para pendengar.

7. Mempunyai Platform Untuk Berinteraksi dengan Pendengar

Banyak dari para pendengar podcast yang tidak hanya ingin memperoleh hiburan semata, namun juga untuk menambah pengetahuan dan juga untuk menemukan sebuah solusi.

Apabila kamu tidak hanya menginginkan mempunyai jumlah pendengar yang banyak tapi juga pendengar yang setia, maka mulailah melakukan interaksi dengan para pendengar.

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan interaksi dengan para pendengar.

Dengan kamu memberikan kesempatan kepada para pendengar untuk bertanya atau melakukan interaksi dengan kamu, maka tentunya akan semakin baik hubungan yang terjalin antara kamu dengan pendengar.

Perlu kamu ingat bahawa terkadang para pendengar setia lebih penting dibandingkan dengan jumlah pendengar yang banyak.

8. Melakukan Perhitungan Budget

Tips membuat podcast yang terakhir adalah melakukan perhitungan budget.

Dalam hal ini kamu perlu untuk melakukan perhitungan budget sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut suapaya pengeluaran lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan, atau minimal sama dengan pendapatan.

Jangan sampai kamu malah mengeluarkan uang banyak hanya untuk melakukan pembelian peralatan yang berkualitas saja tanpa memikirkan konten yang menarik dan memiliki value lebih.

Apabila hal tersebut terjadi tentu saja semua peralatan yang kamu beli tersebut akan percuma.

Hal tersebut karena para pendengar tidak menyukai mendengarkan siniar yang kamu buat.

 

Cara Membuat Podcast

Cara Membuat Podcast

Setelah kamu memahami tips membuat podcast, sekarang saat nya kamu mengetahui langkah atau cara membuat podcast bagi pemula, yaitu sebagai berikut.

1. Menentukan Tema dan Topik

Cara membuat podcast yang pertama adalah dengan menentukan tema dan topik. Memang betul di dalam podcast kamu bisa berbicara tentang berbagai hal.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika tema pembahasan podcast yang kamu angkat fokus pada tema tertentu saja.

Dengan demikian, para pendengar akan dapat mengenali tema pembahasan yang ada di siniar kamu.

Dalam hal ini untuk menentukan tema pembahasan siniar, cobalah untuk memikirkan hal apa yang paling membuat kamu bersemangat untuk membuat konten podcast.

Selain itu, tema tersebut harus kamu kuasai. Hal tersebut supaya kamu tidak bingung pada saat menyampaikannya.

Misalnya seperti cerita horror, cerita inspirasi, investasi, game, kecantikan, tips & trik sukses bisnis online, dan lain sebagainya.

Apabila kamu mempunyai beberapa pilihan tema pembahasan, maka cobalah untuk menuliskannya di sebuah kertas dan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Siapa yang akan menjadi pendengar podcast kamu?
  • Apa yang menjadi masalah atau pertanyaan bagi para pendengar?
  • Bagaimana kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut atau membantu masalah para pendengar?

Selanjutnya, dari beberapa pilihan tema pembahasan tersebut mana yang paling disukai oleh para pendengar?

Maka setelah kamu menjawab semua pertanyaan tersebut kamu bisa membandingkan jawaban dari pertanyaan tersebut atas beberapa tema yang ada.

Tema dengan jawaban terbaik dan yang paling banyak disukai lah kamu eksplor lebih lanjut ke dalam beberapa topik pembahasan.

Hasil dari eksplorasi yang sudah kamu lakukan tersebut selanjutnya dapat dibagi menjadi beberapa episode podcast.

2. Memilih Jenis Podcast

Cara membuat podcast yang kedua adalah dengan memilih jenis podcast yang akan kamu buat.

Setelah kamu mengetahui tema dan topik pembahasan yang akan kamu gunakan, maka kamu perlu untuk menentukan jenis siniar apa yang akan kamu buat.

Terdapat beberapa jenis poscast yang bisa kamu gunakan, yaitu sebagai berikut.

  • Podcast Interview

Podcast interview adalah jenis siniar yang dimana mempunyai 1 atau 2 orang sebagai pembawa acara dan dengan mengundang bintang tamu atau narasumber pada setiap episodenya.

Biasanya pembawa acara akan melakukan interview kepada narasumber atau bintang tamu tentang tema dan topik pembahasan yang akan dibawakan dalam siniar serta suatu hal yang berkaitan dengan narasumber.

  • Solo Podcast

Solo podcast adalah salah satu jenis siniar yang sering diunakan oleh para podcaster pemula.

Dalam siniar jenis ini hanya ada 1 orang yang melakukan siaran podcast.

Biasanya solo podcast ini membahas tentang opini, cerita horror, dan jenis topik pembahasan lainnya yang bisa dibawakan secara solo.

  • Multi Host Podcast

Multi host podcast adalah jenis siniar yang dibawakan oleh lebih dari 1 pembawa acara tanpa adanya narasumber yang dimana siaran yang dilakukan akan menjadi lebih dinamis apabila dibandingkan dengan solo podcast.

Biasanya multi host siniar ini berbentuk diskusi yang membahas mengenai suatu hal dan setiap orang yang terlibat dapat menyampaikan opini dan juga perspektif nya.

Cara membuat podcast yang ketiga adalah dengan membuat nama dan juga logo siniar kamu.

Dalam hal ini kamu perlu untuk membuat nama channel siniar kamu yang mudah diingat oleh para pendengar dan tentu saja alangkah lebih baiknya jika sesuai dengan tema podcast.

Usahakan agar kamu membuat nama yang mudah diingat oleh para pendengar, mudah diucapkan, dan jangan terlalu panjang.

Setelah kamu membuat nama channel siniar kamu, selanjutnya kamu perlu untuk membuat logo.

Logo ini mempunyai fungsi agar siniar yang kamu buat mudah diingat oleh para pendengar dan juga sebagai identitas channel kamu.

Dalam membuat logo, usahakanlah membuat logo yang simpel, menarik, serta sesuai dengan nama dan juga tema siniar kamu.

4. Merencanakan Konten

Setelah kamu menentukan tema, topik, jenis podcast, nama, dan juga logo, maka langkah atau cara membuat podcast yang selanjutnya adalah dengan merencanakan konten siniar.

Perlu kamu ingat bahwa konten yang kuat dan juga bermanfaat bagi para pendengar merupakan komponen paling penting dalam membuat podcast.

Melakukan perencanaan yang matang dalam membuat siniar tentu saja merupakan suatu hal yang sangat penting, karena kamu akan mampu menciptakan konten yang berkualitas.

Dalam merencanakan konten ini kamu perlu untuk membuat script materi yang akan kamu sampaikan di setiap episodenya.

Hal tersebut supaya kamu dapat menyampaikan materi sesuai dengan apa yang kamu rencanakan pada saat perekaman.

Dalam melakukan perencanaan konten ini, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  • Konten Setiap Episodenya

Dalam hal ini kamu perlu memperhatikan bahwa setiap episode siniar yang kamu buat harus lah sinkron dengan tema podcast kamu.

Selain itu antara episode yang satu dengan yang lainnya haruslah saling mempunyai keterkaitan atau keberlanjutan.

  • Durasi Setiap Episodenya

Perlu kamu ketahu bahwa selain topik pembahasan, durasi juga mempunyai peranan dalam mempengaruhi orang untuk mendengarkan podcast.

Durasi dari siniar ini sangat tergantung dari topik pembahasan yang kamu sampaikan di dalam siniar.

Pada umumnya durasi untuk sebuah episode pendek siniar adalah sekitar 15 menit dan untuk episode panjang bisa sampai 60 menit lebih.

Nah, dalam hal ini kamu perlu untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin dalam menyampaikan materi siniar.

Hal tersebut, terkadang ada pendengar yang kurang menyukai durasi yang terlalu panjang atau terlalu pendek.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan percobaan dengan cara membuat podcast berdurasi panjang beberapa episode terlebih dahulu.

Kemudian kamu melakukan survey kepada para pendengar, sekiranya apakah mereka menyukai siniar dengan durasi panjang atau pendek dan apa yang masih menjadi kekurangan dari siniar yang kamu buat.

Dari survey yang kamu lakukan tersebutlah kamu bisa mengetahui siniar seperti apa yang akan kamu buat ke depan nya.

  • Alur Pembahasan atau Storyboard

Membuat konten podcast tanpa melakukan persiapan apapun tentu saja merupakan suatu tindakan yang sia sia dan ceroboh.

Tanpa adanya alur pembahasan yang tersusun atau direncanakan, maka episode siniar yang kamu buat akan menjadi panjang dan kemungkinan besar penyampaiannya akan berputar – putar tidak jelas.

Hal tersebut tentu saja akan membuat kecewa para pendengar yang mendengarkan podcast yang kamu buat.

Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan apa saja yang akan kamu sampaikan di setiap episodenya.

Supaya pembahasan di setiap episodenya menjadi terarah dan materi dapat disampaikan dengan efisien dan jelas.

5. Melakukan Perekaman

Langkah atau cara membuat podcast yang selanjutnya setelah merencanakan konten adalah melakukan perekaman.

Dalam hal ini kamu perlu untuk mempersiapkan dengan baik berbagai alat dan juga software yang dibutuhkan untuk melakukan perekaman.

Kamu perlu untuk melakukan uji coba terlebih dahulu semua hal yang dibutuhkan untuk melakukan proses perekaman. Pastikanlah semua berfungsi sebagaimana mestinya.

Setelah semuanya sudah dianggap sempurna, maka selanjutnya kamu mulai berbicara.

Usahakanlah untuk mengikuti script atau draft yang sudah kamu buat dan lakukanlah dengan hati – hati.

Dalam hal ini kamu jangan berbicara terlalu cepat dan tetap memperhatikan tempo yang tepat.

6. Melakukan Evaluasi, Edit, dan Upload

Langkah atau cara membuat podcast yang terakhir adalah dengan melakukan evaluasi dan edit.

Setelah kamu selesai melakukan rekaman, kamu dengarkan hasil rekaman tersebut dan lakukanlah evaluasi.

Pada bagian mana yang sekiranya masih terdapat kekurangan dan pada bagian mana yang membutuhkan optimasi.

Setelah kamu menemukan bagian mana yang membutuhkan optimasi dan bagian mana yang masih terdapat kekurangan maka selanjutnya kamu tinggal melakukan edit.

Seperti memotong pada bagian – bagian yang dirasa tidak dibutuhkan, seperti bagian kosong pada saat berpikir atau filler “Emm..”, “Eee..”, dan lain sebagainya.

Selain menghapus bagian yang dirasa tidak perlu, dalam hal ini untuk melakukan optimasi kamu juga bisa menambahkan latar musik.

Banyak podcaster yang menambahkan latar musik pada bagian pembukaan konten siniar mereka.

Pada bagian pembukaan tersebut, musik yang digunakan biasanya sama pada setiap episodenya.

Dengan kata lain musik tersebut bisa digunakan sebagai branding podcast tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan musik di bagian tengah ataupun akhir.

Dalam hal ini tentu saja kamu tidak sembarangan meletakkan musik ke dalam siniar kamu.

Karena jika kamu asal – asalan meletakan musik, maka kamu bisa terkena penalti Google yang disebabkan masalah hak cipta. Dengan demikian kamu perlu menggunakan musik bebas lisensi.

Untuk bisa mendownload musik bebas lisensi berikut ini merupakan beberapa situs yang bisa kamu kunjungi.

Setelah kamu selesai melakukan edit, kamu tinggal melakukan upload di platform yang kamu inginkan seperti Spotify, iTunes, dan lain sebagainya.

Kamu jangan lupa untuk tetap secara rutin mengevaluasi siniar yang sudah kamu publish.

Kamu bisa menanyakannya kepada para pendengar podcast kamu, apa yang masih kurang di dalam siniar kamu.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit pembahasan tentang tips dan cara membuat podcast bagi pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom kometar saja. Terimakasih.

2 pemikiran pada “Tips & Cara Membuat Podcast”

Tinggalkan komentar